Hubungan Antara Etika Kerja Islam Dan Komitmen Organisasi Pada Tenaga Pengajar Honorer Di Kabupaten Tegal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara etika kerja islam
dan komitmen organisasi pada tenaga pengajar honorer. Penelitian ini dilakukan
di Kabupaten Tegal. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat hubungan
positif antara etika kerja islam terhadap komitmen organisasi pada tenaga
pengajar honorer di Kabupaten Tegal. Subjek dalam penelitian ini merupakan
tenaga pengajar honorer yang aktif mengajar yang terdiri dari 40 laki-laki dan 60
perempuan, dengan rentang usia 25-58 tahun. Skala etika kerja islam yang
digunakan dalam penelitian ini adalah islamic work ethic yang dikembangkan
oleh Ali & Al-Kazemi (2007), dan komitmen organisasi pada penelitian ini diukur
menggunakan Organization Commitment Questioner yang dikembangkan oleh
Allen & Meyer (1990). Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan
teknik analisis korelasi Spearman rho’ yang terdapat dalam aplikasi IBM SPSS
Statistik versi 25. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa etika kerja islam
dan komitmen organisasi (komitmen afektif) memiliki nilai signifikansi korelasi p
= 0,000 (p < 0,05), dan r = 0,649. Hasil analisis hipotesis menunjukkan bahwa
etika kerja islam dan komitmen organisasi (komitmen berkelanjutan) memiliki
nilai signifikansi korelasi p = 0,000 (p < 0,05), dan r = 0,794. Hasil analisis
hipotesis menunjukkan bahwa etika kerja islam dan komitmen organisasi
(komitmen normatif) memiliki nilai signifikansi korelasi p = 0,000 (p < 0,05), dan
r = 0,729. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara etika
kerja islam dan komitmen organisasi, yang artinya semakin tinggi etika kerja
islam pada tenaga pengajar honorer maka semakin tinggi juga tenaga pengajar
tersebut memiliki komitmen organisasi, sehingga hipotesis pada penilitan ini
dinyatakan diterima. Penelitian ini juga melakukan analisis tambahan yaitu uji
korelasi berdasarkan aspek variabel bebas dan uji beda berdasarkan usia, jenis
kelamin.
Collections
- Psychology [2173]