Analisis Perubahan Tingkat Beban Kerja Pengemudi Berdasarkan Karakteristik Penumpang Dengan Sensor Galvanic Skin Response Dan Driving Simulator
Abstract
Mengemudi kendaraan merupakan aktivitas yang melibatkan kemampuan kognitif,
visual, dan pengambilan keputusan. Apabila manusia dihadapkan pada situasi
mengemudi kompleks, maka dapat meningkatkan beban kerja yang dapat menyebabkan
kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan terbanyak berasal dari kalangan mahasiswa
(persentase 43%) dimana faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor manusia
(61%). Penyebab kecelakaan dapat disebut gangguan dalam berkendara, salah satu
gangguan dalam berkendara adalah keberadaan penumpang. Keberadaan penumpang saat
berkendara dapat memberikan dampak yang positif dan juga negatif terhadap pengemudi.
Kebiasaan pengemudi dalam berkendara dapat dipengaruhi oleh keberadaan penumpang.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat beban kerja
pengemudi berdasarkan fisiologis dan performansi dengan adanya penumpang saat
mengemudi serta pengaruh lama pertemanan di antara kedua nya. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan terdapat perbedaan tingkat beban kerja berdasarkan jenis kelamin
pengemudi dan 3 kondisi perlakuan pada pengukuran fisiologis, ditunjukkan dengan nilai
signifikansi ≤ 0,05 (p=0,000; p=0,018). Dimana hal tersebut ditunjukkan dengan adanya
kenaikan tingkat stres pada pengemudi saat berkendara dengan penumpang laki-laki.
Namun, tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat performansi. Disisi lain,
tidak terdapat pengaruh lama pertemanan antara pengemudi dan penumpang terhadap
tingkat fisiologis (p=0,200) dan performansi pengemudi (p=0,200). Secara keseluruhan,
lebih disarankan untuk berkendara dengan penumpang karena dapat meningkatkan
konsentrasi sebesar 23,20% dan menurunkan jumlah pelanggaran sebanyak 4,43%. Tetap
harus diperhatikan juga, apabila berkendara dengan penumpang laki-laki, pengemudi
harus dapat tetap fokus kepada tugasnya untuk mengemudi.
Collections
- Industrial Engineering [2227]