Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. H.M. Hajar Dewantoro, M.A.
dc.contributor.authorMUHAMMAD UTAMA AL FARUQI
dc.date.accessioned2023-01-05T04:11:09Z
dc.date.available2023-01-05T04:11:09Z
dc.date.issued2022-06-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41490
dc.description.abstractPondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam khas Indonesia yang telah berabad-abad mendidik putra dan putri umat Islam di Indonesia hingga saat ini. Sejarah telah mencatat cukup banyaknya peran dan kontribusi pondok pesantren yang nampak dari peran aktif para tokoh dan alumninya dalam perubahan dan perkembangan Indonesia. Akan tetapi pondok pesantren juga memiliki beberapa sisi yang perlu ditelaah dan dikaji untuk perbaikan sistem agar menjadi lebih baik di masa mendatang. Terlebih dalam hal manajemen dan sistem pendidikan, perlu kiranya ada sebuah kajian yang berdasar teori ilmiah untuk peningkatan efektifitas serta perbaikan kualitas pondok pesantren di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menjadikan Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai obyek penelitian, dengan fokus penelitian pada manajemen metode positive brainwashing dalam pendidikan di pesantren ini. Hingga diperoleh kesimpulan bahwa penanaman falsafah beserta media yang digunakan dalam penanaman falsafah tersebut dalam pendidikan pesantren perlu mendapat perhatian lebih dalam pendidikan di pesantren ini. Metode positive brainwashing merupakan hasil identifikasi dari fenomena program, kegiatan dan disiplin yang berjalan selama puluhan tahun di Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo Jawa Timur sebagai role model bagi pesantren-pesantren modern di Indonesia. Dengan kiprah alumninya di berbagai bidang, di kancah nasional dan internasional. Metode ini berdasar hasil analisa fenomena yang ditelaah dengan pendekatan ilmu komunikasi, psikologi dan neurosains yang kemudian dituangkan dalam sebuah konsep dengan penyesuaian dengan pesantren bercorak modern selain Gontor.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectManajemen Pesantrenen_US
dc.subjectPondok Pesantrenen_US
dc.subjectPositive Brainwashingen_US
dc.subjectSistem Pendidikan Pesantren.en_US
dc.titleManajemen Metode Positive Brainwashing Dalam Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Pp Ibnul Qoyyim Piyungan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM20913045


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record