Show simple item record

dc.contributor.advisorMiftahul Fauziah, S.T., M.T., Ph.D.
dc.contributor.authorRAHMAD HIDAYAT
dc.date.accessioned2023-01-05T03:26:30Z
dc.date.available2023-01-05T03:26:30Z
dc.date.issued2022-08-24
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41478
dc.description.abstractKawasan Malioboro sering terjadi kemacetan yang panjang, salah satu penyebabnya yakni para wisatawan banyak menggunakan kendaraan pribadi. Sehingga untuk menangani permasalahan tersebut dilakukan rekayasa lalu lintas Sistem Satu Arah (SSA) pada Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gandekan, Jalan Jlagran Lor dan Jalan KS Tubun. Salah satu ruas jalan yang mengalami dampak sistem satu arah pada Kawasan Malioboro adalah Jalan Letjen Suprapto. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kondisi kinerja ruas jalan dan mengetahui dampak dari penerapan lalu lintas satu arah di Jalan Letjen Suprapto terhadap tingkat pelayanan yang berada disekitarnya. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengambilan data penelitian dilakukan melalui survei di lokasi penelitian. Analisis kinerja ruas jalan menggunakan MKJI 1997 dan untuk memodelkan jalan satu arah menggunakan PTV VISSIM. Hasil analisis menunjukkan kinerja ruas jalan mengalami perubahan setelah penerapan sistem satu arah di Jalan Letjen Suprapto, Jalan Gandekan, Jalan Jlagran Lor, dan Jalan KS Tubun. Nilai Derajat Kejenuhan (DS) pada ruas Jalan Letjen Suprapto dari 0,887 menjadi 0,633, Jalan Gandekan dari 0,283 menjadi 0,476, Jalan Jlagran Lor dari 0,268 menjadi 0,287, dan Jalan KS Tubun dari 0,510 menjadi 0,202. Nilai kecepatan rata-rata pada Jalan Letjen Suprapto dari 28,40 km/jam menjadi 33,80 km/jam, Jalan Gandekan dari 47,50 km/jam menjadi 45,70 km/jam, Jalan Jlagran Lor dari 44 km/jam menjadi 40,20 km/jam, dan Jalan KS Tubun dari 24,30 km/jam menjadi 32,20 km/jam. Tingkat pelayanan pada Jalan Letjen Suprapto dan Jalan KS Tubun mengalami peningkatan dari level F menjadi level E dan tingkat pelayanan pada Jalan Gandekan dan Jalan Jlagran Lor tetap berada di level E.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectDerajat Kejenuhanen_US
dc.subjectKecepatanen_US
dc.subjectSistem Satu Arahen_US
dc.titleKinerja Ruas Jalan Letjen Suprapto (Jalan Gandekan, Jalan Jlagran Lor, Dan Jalan Ks Tubun) Sebelum Dan Sesudah Perubahan Sistem Lalu Lintas Satu Arah Di Kawasan Malioboro Kota Yogyakarta (The Performance Of Letjen Suprapto Street: Before And After Of One Way Traffic System In Malioboro Area, Yogyakarta City)en_US
dc.Identifier.NIM17511091


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record