PELATIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA SEPATU KULIT BERBASIS DIGITAL DI DESA GANJARSARI KABUPATEN BANDUNG
Date
2022-10-20Author
kaniawati, Keni
Sp, Eddy Jusuf
Juju, Undang
latifah, Ifa
Metadata
Show full item recordAbstract
Mitra dalam PKM ini adalah Soleh Yusuf, seorang pegiat usaha sepatu kulit dari
Kabupaten Bandung Barat Desa Ganjarsari. Usaha sepatu di Desa Ganjarsari yang
memiliki beberapa masalah antara lain yaitu teknik pemasaran produk yang masih bersifat
tradisional tingginya harga bahan adanya kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan
yang sesuai dengan PSAK EMKM secara digital, Pemahaman terhadap perkembangan
IPTEK yang masih lemah sehingga perlu adanya bimbingan dan arahan. Adapun metode
pelaksanaan PKM ini dilakukan untuk mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi
oleh mitra yaitu memberikan pelatihan, simulasi,pendampingan, monitoring dan evaluasi
kepada mitra mengenai pemasaran yang meliputi: bauran pemasaran, pengelolaan
poduksi dan mutu produk, strategi pemasaran secara digitalisasi, penyusunan laporan
keuangan yang baik dan benar sesuai dengan PSAK EMKM secara digital, memberikan
pelatihan pengurusan HAKI khususnya disini hak paten produk.Dengan dilaksanakanya
PKM ada perubahan, usaha sepatu mitra sudah memiliki website, pemasaran produk
dilakukan secara digital (kini sudah memiliki face book, instragram,Whatsapp grup IKM),
terbentuknya kelompok masyarakat pengusaha yang kreatif, inovatif dan mandiri yang
dapat meningkatkan usahanya melalui strategi pemasaran dan penyusunan laporan
keuangan secara digital, pengelolaan produksi yang lebih baik, dan kemampuan dalam
mengurus Haki serta paten produk untuk setiap varian produk yang dihasilkan.