PERANCANGAN APLIKASI MOBILE DALAM RANGKA PENINGKATAN LAYANAN KESEHATAN BERBASIS TELEMEDICINE DI UPT PUSKESMAS KEMBARAN I
Date
2022-10-20Author
Wijayanto, Aditya
Gustalika, Muhammad Azrino
Segara, Alon Jala Tirta
Ramadhani, Afifah Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Telemedicine adalah praktek kesehatan dengan memakai komunikasi audio, visual
dan data, termasuk perawatan, diagnosis, konsultasi dan pengobatan serta pertukaran data
medis dan diskusi ilmiah jarak jauh. Komunikasi antara dokter dan pasien adalah
komponen penting dalam proses penyembuhan pasien karena termasuk dalam memberikan
pelayanan yang baik, ramah dan menenangkan justru memicu energi positif pasien untuk
optimis akan kesembuhan penyakitnya. Puskesmas 1 Kembaran terletak di Kembaran yang
melayani 31 dukuh, 35 RW, dan 182 RT. Terbatasnya jumlah tenaga UKP dan UKM di
Puskesmas 1 Kembaran menyebabkan terbatasnya penanganan kesehatan saat jam
pelayanan kesehatan. Belum adanya Emergency System, Teknologi Informasi yang
mendukung konsultasi online, Kunjungan Petugas kesehatan yang selama ini dilakukan
belum maksimal. Oleh karena itu sesuai dengan IKU kelima adalah hasil kerja dosen
digunakan oleh masyarakat. Yakni terkait hasil riset yang dilakukan sebaiknya memberikan
manfaat besar bagi masyarakat di sekitar. Sedangkan target luaran PKMS ini adalah
Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat, jurnal nasional Pengabdian masyarakat, Media
Massa, Video Kegiatan, HKI, dan Peningkatan Pemberdayaan Mitra. Hasil PKMS ini
diharapkan meningkatkan bidang pelayanan kesehatan masyarakat dengan harapan
program telemedicine ini akan berjalan secara kontinu dan tetap menjadi solusi bagi pihak
mitra di tahun-tahun mendatang.