Show simple item record

dc.contributor.authorRIZKY RESTIANA
dc.date.accessioned2022-12-28T02:12:28Z
dc.date.available2022-12-28T02:12:28Z
dc.date.issued2022-07-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41365
dc.description.abstractPenyebaran virus corona menjadi salah satu ketakutan tersendiri bagi Indonesia untuk meminimalisir penyebarannya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah adalah meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat pada Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat). Dengan keberadaan Puskesmas yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesahatan yang layak. Namun, secara kenyataan masih ditemukan beberapa Puskesmas yang memberikan pelayanan kesehatan yang kurang baik, salah satunya adalah Puskesmas Gunung Samarinda, Balikpapan. Diketahui bahwa Puskesmas tersebut memiliki antrian tiap fasilitas pelayanannya dan membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan pelayanan kesahatan. Selama pengamatan ditemukan struktur antrian berupa multi channel single phase dan single channel multi phase serta disiplin antrian berupa priority served (PS) dan first come first served (FCFS). Dengan jumlah struktur dan disiplin antrian yang lebih dari satu maka dibutuhkan metode yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu metode simulasi dengan menggunakan software Flexsim. Didapatkan hasil simulasi untuk masing-masing waktu rata-rata menunggu antrian administrasi selama 226,94 detik, antrian poliklinik 1 selama 559,53 detik, antrian poliklinik 2 selama 688,76 detik, antrian laboratorium selama 601,98 detik, dan antrian apotek selama 682,9 detik. Sehingga dilakukan eksperimen dengan penambahan loket/server pelayanan poliklinik 2, laboratorium, dan apotek masing-masing berjumlah 2. Hasil dari eksperimen yang diusulkan yaitu rata-rata waktu menunggu pelayanan poliklinik 2 selama 262 detik, laboratorium selama 14,8 detik, dan apotek selama345 detik. Dengan usulan perbaikan tersebut dapat memberikan peningkatan pada pelayanan puskesmas.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectAntrianen_US
dc.subjectFlexsimen_US
dc.subjectPuskesmasen_US
dc.subjectSimulasien_US
dc.titlePemodelan Dan Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Poliklinik Serta Usulan Perbaikan Dengan Menggunakan Flexsim (Studi Kasus: Puskesmas Gunung Samarinda, Balikpapan)en_US
dc.Identifier.NIM18522180


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record