Regulasi Emosi Dan Resiliensi Pada Mahasiswa Universitas “X” Yang Sedang Melaksanakan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara regulasi
emosiَّdanَّresiliensiَّpadaَّmahasiswaَّUniversitasَّ“X”َّyangَّsedangَّmelaksanakanَّ
pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Hipotesis yang diajukan dalam
penelitian ini yaitu diprediksi akan ada hubungan positif antara regulasi emosi dan
resiliensiَّ padaَّ mahasiswaَّ Universitasَّ “X”َّ yangَّ sedangَّ melaksanakanَّ
pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Partisipan yang terlibat dalam
penelitian ini sebanyak 351 mahasiswa Universitasَّ“X”,َّterdiriَّdariَّ135 laki-laki
dan 216 perempuan. Skala regulasi emosi yang digunakan adalah Emotion
Regulation Questionnaire (ERQ) yang disusun oleh Gross & John (2003) serta
diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Salsabiela, Iqbal, dan Widiasmara
(2019). Skala Resiliensi yang digunakan adalah The Connor-Davidson Resilience
Scale (CD-RISC) dari Connor dan Davidson (2003) yang diterjemahkan ke dalam
Bahasa Indonesia oleh Hermansyah (2019). Hasil pada penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara regulasi emosi dan
resiliensiَّ padaَّ mahasiswaَّ Universitasَّ “X”َّ yangَّ sedangَّ melaksanakanَّ
pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Koefisien korelasi yang diperoleh
dari uji korelasi Spearman’s rho yaitu r = 0.479 dan p = 0,00 (p < 0,05). Oleh karena
itu, hipotesis penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2177]