dc.description.abstract | Guru sangat berperan penting dalam proses belajar mengajar, dalam
kegiatan pembelajaran yang dilakukan siswa tidaklah selalu lancar seperti apa
yang sudah direncanakan, terkadang terdapat hambatan sehingga anak
mengalami kesulitan dalam belajar terkhusus pada mata pelajaran pendidikan
agama islam. Oleh karenanya dalam proses pembelajaran guru harus
memberikan yang terbaik untuk siswanya dengan memilih pendekatan belajar
dan juga metode yang baik, sehingga siswa akan tekun dan juga termotivasi
dalam belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya
yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa
SDN 1 Dadapan dan juga faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar
yang dialami siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan objek
penelitian ini mengenai Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar
Siswa di SDN 1 Dadapan. Teknik penentuan informan penelitian ini
menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data
dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan model Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat beragam
kesulitan belajar yang dialami siswa, seperti: Kesulitan membaca, kesulitan
menghafal, kesulitan memahami materi, kesulitan mengerjakan tugas. (2)
Faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam belajar ada dua yakni:
kesulitan yang berasal dalam diri siswa dan faktor yang berasal dalam luar
diri siswa. (3) Upaya dalam mengatasi kesulitan siswa ada dua macam: upaya
yang dilakukan dari dalam diri siswa dan upaya yang dilakukan dari luar diri
siswa seperti: upaya yang dilakukan sekolah, guru dan juga keluarga | en_US |