dc.description.abstract | Pendidikan merupakan usaha yang harus dilakukan oleh setiap manusia
untuk mengembangkan dirinya dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi
sesuai perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata pelajaran
PAI dalam kurikulum merupakan upaya sadar dan terencana dalam menyiapkan
peserta didik mengenal, memahami, bertakwa dan berakhlak mulia dalam
mengamalkan ajaran agama Islam. Materi PAI tidak hanya mencakup aspek
pengetahuan tetapi juga mencakup aspek afektif dan psikomotorik. Penelitian ini
berupaya untuk mendeskripsikan strategi dan kendala guru PAI dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran daring di SMP Piri Ngaglik Sleman.
Pada penelitian ini peneliti menerapkan penelitian lapangan, yaitu dengan
cara melakukan penelitian secara kualitatif dengan subjeknya adalah guru PAI,
kepala sekolah dan peserta didik. Teknik penelitian ini menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa strategi pembelajaran ekspositori
merupakan bentuk dari pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada guru
(teacher centered approach), akhirnya mengingat covid strategi tersebut
diturunkan dengan pemanfaatan media pembelajaran online dengan cara
diantaranya, menggunakan media & platform pembelajaran bahwa sekolah SMP
Piri dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik pada masa pembelajaran
daring lebih menekankan kepada media pembelajaran online seperti Google
Form, Meet Google dan Google classroom, dan membangun kerja sama dengan
wali kelas dan guru PAI di SMP Piri Ngaglik. Guru PAI mendapatkan kendala
yang dihadapi dalam proses meningkatkan kualitas belajar peserta didik pada
masa pembelajaran daring. Kedua, kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran
online jadi di SMP Piri Ngaglik Ketiga, kurangnya perhatian dan pengawasan dari
orang tua. | en_US |