Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Drs. M. Hajar Dewantoro, M.Ag
dc.contributor.authorNONI YUANDA
dc.date.accessioned2022-12-21T02:24:18Z
dc.date.available2022-12-21T02:24:18Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41167
dc.description.abstractPandemi virus covid 19 menjadikan proses belajar mengajar yang semula dilaksanakan disekolah beralih menjadi pembelajaran yang dilakukan dari rumah secara online, sehingga para siswa dituntut untuk meminjam atau memiliki gadget dan dapat mengoprasikannya guna mempermudah pelaksanaan proses belajar mengajar secara online. Penggunaan gadget pada siswa membawa dampak terhadap pendidikan karakternya baik itu dampak negatif ataupun dampak positif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan orang tua dan guru dalam menanggulangi dampak penggunaan gadget terhadap perilaku atau pendidikan karakter siswa kelas V SD Negeri NO.112260 Gunting Saga pada masa pandemi Covid 19. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), Jenis pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Informan penelitian ini adalah 2 orang guru, 3 orang siswa kelas V dan 3 orang tua siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan orang tua dalam memanajemen penggunaan gadget bagi anaknya dirumah adalah dengan mengingatkan dan menasehati anak untuk tidak menggunaan gadget secara berlebihan, membatasi penggunaan gadget pada anak, memperkenalkan anak-anak pada konten positif, mendampingi anak dalam menggunakan gadgetnya saat pembelajaran serta mengalihkan anak dengan pekerjaan lain yang lebih bermanfaat seperti membantu pekerjaan rumah dalam hal ini juga perlu adanya kerjasama/kolaborasi antara guru dengan orang tua untuk saling melengkapi dan berkontribusi sesuai kapasitas, batasan dan ranah masing masing untuk mengingatkan, mengawasi serta membatasi penggunaan gadget pada siswa agar siswa lebih terarah dan penggunaan gadget lebih efektif serta dapat membentuk karakter yang baik pada siswa.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectguruen_US
dc.subjectorang tuaen_US
dc.subjectgadgeten_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.titleUpaya Guru Dan Orang Tua Dalam Menanggulangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Siswa Dimasa Pandemi (Studi Kasus Siswa Kelas V Sdn.No.112260 Gunting Saga)en_US
dc.Identifier.NIM18422087


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record