Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M. Pd
dc.contributor.authorHADI KOTU ZAHRO
dc.date.accessioned2022-12-21T02:03:49Z
dc.date.available2022-12-21T02:03:49Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41159
dc.description.abstractPendidikan yang bermutu terlahir dari pengelolaan yang tepat dan terarah. Sekolah sebagai center yang terstruktur untuk menciptakan generasi yang berkualitas. Penelitian ini beranjak dari asumsi dan kepedulian terhadap permasalahan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia. Peneliti tertarik melakukan penelitian di MAN 3 Sleman karna kualitas pendidikannya yang unggul dan memiliki segudang prestasi sehingga menarik perhatian masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Yang menjadi sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kesiswaan, ketua komite sekolah, dan siswa. teknik penentuan informan menggunakan teknik snowball sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Aktivitas analisis data, yaitu reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 3 Sleman dilakukan secara terus-menerus dengan supervisi, standarisasi, akreditasi, sertifikasi dan evaluasi diri madrasah untuk mencapai sasaran yang ditargetkan melalui aktivitas: (1) Pengamatan Lingkungan, (2) Perumusan Strategi, (3) Implementasi Strategi, (4) Evaluasi dan Pengawasan. Rencana strategi yang dikembangkan dapat diintegrasikan dengan tujuan mencapai visi misi sekolah serta mempertahankan dan mengembangkan eksistensi nya dalam jangka waktu panjang. Hal ini menjadi momentum keberhasilan MAN 3 Sleman dalam meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan Standar Nasional Pedidikan (SNP). Fakta di lapangan ditemukan bahwa masih kurangnya fasilitas sarana prasarana, pendanaan program, professional guru, dan sebagainya. Upaya peningkatan mutu dalam memenuhi standar nasional pendidikan selalu menajadi tolak ukur sekolah untuk selalu memperhatikan input, proses, dan output disesuaikan dengan kebutuhan para pelanggan dan tuntutan perkembangan yang selalu up to date.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectManajemen Strategien_US
dc.subjectMutu Pendidikanen_US
dc.titleImplementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Man 3 Slemanen_US
dc.Identifier.NIM18422082


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record