dc.description.abstract | Teknologi yang semakin maju, kecepatan data yang semakin kencang,
membuat internet tidak lagi hanya jadi pelengkap kehidupan tetapi menjadi hal yang
fundamental yang menopang kehidupan. Mahasiswa PAI yang tidak asing dengan
media sosial, mereka banyak menggunakan media sosial untuk kebutuhannya, Dan
para pengguna media sosial banyak meniru apa yang dilakukan oleh para influencer
yang di ikutinya, seperti cara berpakaian, pergaulan, cara beragama, dan berpikir.
Sebagai mahasiswa yang beragama islam mempunyai tanggungan ritualistik
contohnya seperti sholat, mengaji, dan berpuasa. Penelitian ini bertujuan untuk
melihat apakah ada dampak/pengaruh positif media sosial terhadap kehidupan
releligius mahasiswa PAI 2018 di Universitas Islam Indonesia.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif, yang mana penelitian ini berkaitan
dengan data-data angka yang diolah menggunakan SPSS, untuk populasinya adalah
mahasiswa PAI angkatan 2018. yang mana pengambilan sampel sebesar 50% dari
172 mahasiswa aktif, dengan begitu ditemukan 86 mahasiswa yang menjadi sumber
penelitian dan diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesionare/angket dengan skala likert sebagai alat ukur penilaian,
teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan 2 teknik. Menggunakan regresi
linear sederhana dan Oneway Anova.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Adanya pengaruh
media sosial terhadap kehidupan religius mahasiswa PAI 2018 dengan melihat nilai
Siq di tabel coefficient sebesar 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh positif media
sosial terhadap kehidupan religius dengan melihat tabel coefficient sebesar thitung
3.768 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti media
sosial (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kehidupan religius (Y). kedua,
ditemukan pengaruh media sosial terhadap kehidupan religius sebesar 14,5 % dan
85,5% adalah faktor lain yang tidak diteliti. Ketiga, ditemukan jenis media sosial
yang paling berpengaruh terhadap kehidupan religius mahasiswa PAI 2018 adalah
Youtube, dengan angka rata-rata yang memilih youtube sebesar 14,65 dibandingkan
media sosial lainnya. Temuan ini menunjukkan ada peran kebutuhan yang
mendorong partisipan menggunakan Youtube dari pada media sosial lainnya untuk
memperoleh edukasi, berita atau content yang dibutuhkannya dengan penjelasan
yang lebih komprehensif dibandingkan media sosial lainnya. | en_US |