Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M.Pd.
dc.contributor.authorSOLEHUDIN
dc.date.accessioned2022-12-21T01:55:28Z
dc.date.available2022-12-21T01:55:28Z
dc.date.issued2022-09-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/41155
dc.description.abstractTeknologi yang semakin maju, kecepatan data yang semakin kencang, membuat internet tidak lagi hanya jadi pelengkap kehidupan tetapi menjadi hal yang fundamental yang menopang kehidupan. Mahasiswa PAI yang tidak asing dengan media sosial, mereka banyak menggunakan media sosial untuk kebutuhannya, Dan para pengguna media sosial banyak meniru apa yang dilakukan oleh para influencer yang di ikutinya, seperti cara berpakaian, pergaulan, cara beragama, dan berpikir. Sebagai mahasiswa yang beragama islam mempunyai tanggungan ritualistik contohnya seperti sholat, mengaji, dan berpuasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada dampak/pengaruh positif media sosial terhadap kehidupan releligius mahasiswa PAI 2018 di Universitas Islam Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, yang mana penelitian ini berkaitan dengan data-data angka yang diolah menggunakan SPSS, untuk populasinya adalah mahasiswa PAI angkatan 2018. yang mana pengambilan sampel sebesar 50% dari 172 mahasiswa aktif, dengan begitu ditemukan 86 mahasiswa yang menjadi sumber penelitian dan diambil secara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesionare/angket dengan skala likert sebagai alat ukur penilaian, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan 2 teknik. Menggunakan regresi linear sederhana dan Oneway Anova. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Adanya pengaruh media sosial terhadap kehidupan religius mahasiswa PAI 2018 dengan melihat nilai Siq di tabel coefficient sebesar 0,000 < 0,05 dan terdapat pengaruh positif media sosial terhadap kehidupan religius dengan melihat tabel coefficient sebesar thitung 3.768 sehingga dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti media sosial (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kehidupan religius (Y). kedua, ditemukan pengaruh media sosial terhadap kehidupan religius sebesar 14,5 % dan 85,5% adalah faktor lain yang tidak diteliti. Ketiga, ditemukan jenis media sosial yang paling berpengaruh terhadap kehidupan religius mahasiswa PAI 2018 adalah Youtube, dengan angka rata-rata yang memilih youtube sebesar 14,65 dibandingkan media sosial lainnya. Temuan ini menunjukkan ada peran kebutuhan yang mendorong partisipan menggunakan Youtube dari pada media sosial lainnya untuk memperoleh edukasi, berita atau content yang dibutuhkannya dengan penjelasan yang lebih komprehensif dibandingkan media sosial lainnya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMedia Sosialen_US
dc.subjectKehidupan Religiusen_US
dc.titlePengaruh Media Sosial Terhadap Kehidupan Religius Mahasiswa Pai 2018 Di Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.Identifier.NIM18422069


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record