dc.description.abstract | SMP N 4 Ngaglik yang terletak di Sariharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten
Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu sekolah tingkat
menengah pertama dengan latar belakang peserta didik yang berbeda sehingga,
mebuat kesiapan peserta didik lebih variative. Dengan letak sekolah yang berada di
tengah persawahan menjadikan sekolah tersebut secara geografis sedikit susah
dijangkau apabila menggunakan kendaraan roda 4 atau lebih, dengan demikian
banyak siswa yang harus melakukan antar jemput oleh orang tua dengan kendaraan
roda dua.
Penelitian yang dilakukan di SMP N 4 Ngaglik menggunakan teknik
pengumpulan data berupa angket dan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif.
Lalu dalam melakukan pemilihan sampel yaitu dengan menggunakan random
sampling dengan subjek siswa kelas IX SMP N 4 Ngaglikyang berjumlah 126 dan
diambil sampel sejumlah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis
linier sederhana dengan dibantu program software SPSS versi 25.0 for windows.
Hasil dari penelitian dengan responden 60 siswa adalah terdapat pengaruh
yang signifikan antara kesiapan belajar dan keaktifan siswa kelas IX SMP N 4
Ngaglik. Ini dibuktikan dengan taraf signifikansi 0,001 yang artinya hipotesis yang
peneliti ajukan diterima karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Dengan nilai
korelasi sebesar 0,407. Sedangkan koefisien determinasi memperoleh hasil sebesar
0,396 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kesiapan belajar dan keaktifan
siswa sebesar 16,6%. Dengan demikian maka dibutuhkan dukungan serta arahan
dari orang tua, guru dan lingkungan di sekitar siswa dalam menyiapkan siswa
supaya dapat lebih aktif saat belajar | en_US |