Show simple item record

dc.contributor.advisorIr. Bachnas, M.Sc.
dc.contributor.authorAnnisa Tuti Sulistiani
dc.date.accessioned2017-11-09T03:53:32Z
dc.date.available2017-11-09T03:53:32Z
dc.date.issued2016-10-25
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4100
dc.description.abstractRuas jalan Prambanan-Piyungan km 1-1,9 merupakan salah satu akses utama yang menghubungkan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Gunung Kidul. Posisi yang strategis ini menjadikan ruas jalan Prambanan-Piyungan km 1-1,9 selalu dilewati oleh kendaraan baik ringan maupun berat. Ruas jalan Prambanan-Piyungan km 1-1,9 ini juga menjadi prasarana yang sangat vital bagi kelancaran lalu-lintas dan ekonomi bagi masyarakat sekitar yang menggunakan jalan tersebut, sehingga meningkatkan potensi wilayah tersebut. Tujuan dari hasil penelitian ini adalah menilai kondisi perkerasan jalan guna mengetahui jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Prambanan-Piyungan km 1-1,9 dengan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index) dan Bina Marga serta mengetahui dan menentukan jenis pemeliharaan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki ruas jalan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di lapangan serta pembahasan terhadap hasil analisis data penelitian, jenis-jenis kerusakan yang terdapat pada ruas jalan Prambanan- Piyungan km 1-1,9 adalah Alligator Cracking, Potholes, Longuitudinal and Transversal Cracking, Corrugation, Slippage Cracking, Depression, dan Patching. Berdasarkan metode Pavement Condition Index (PCI), kerusakan yang mendominasi adalah kerusakan jenis Alligator Cracking dengan medium severity level di ruas jalan Prambanan-Piyungan Km 1- 1,9 arah Piyungan dengan total densitynya adalah 22,96 %, sedangkan di ruas jalan Prambanan-Piyungan KM 1-1,9 arah Prambanan dengan total densitynya adalah 11,01%. Kondisi ruas jalan Prambanan-Piyungan Km 1-1,9 arah Piyungan adalah sedang (fair) dengan nilai PCI 47, sedangkan arah Prambanan adalah baik (good) dengan nilai PCI 57,333. Berdasarkan analisis Bina Marga, nilai prioritas rerata untuk ruas jalan Prambanan- Piyungan Km 1-1,9 arah Piyungan dan arah Prambanan adalah 5,667 dan 6,167, dimana dibutuhkan program pemeliharaan berkala untuk arah Piyungan dan untuk arah Prambanan dibutuhkan program pemeliharaan rutin untuk jalan yang mengalami kerusakan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.titleEvaluasi Tingkat Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Menggunakan Metode Pci Dan Bina Margaid
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record