Implementasi Business Intelligence Dalam Membuat Keputusan Penjualan Properti Dengan Metode Online Analytical Processing (Olap) (Studi Kasus : Pt. Jatiwangi Grahatama Properti)
Abstract
Perumahan adalah salah satu kebutuhan dasar bagi kehidupan manusia. Seiring dengan
tingkat pertumbuhan penduduk, terjadi peningkatan kebutuhan rumah. Tingginya permintaan
ini membuat peluang bagi perusahaan properti, salah satunya PT. Jatiwangi Grahatama
Properti yang berada di Kota Bandar Lampung, Lampung. Untuk dapat terus maju dan
berkembang, sebuah perusahaan harus berinovasi. Jika perusahaan menjalankan bisnis tanpa
adanya inovasi, maka bisa dipastikan akan kalah bersaing dengan perusahaan lain. Penerapan
teknologi informasi berupa business intelligence dapat meningkatkan keunggulan bersaing.
Business intelligence (BI) merupakan sebuah proses untuk melakukan ekstraksi data-data
yang dapat meningkatkan keunggulan sebuah perusahaan. Business intelligence dapat
menjadi alat bantu mengolah data-data menjadi informasi yang bernilai lebih dan membantu
perusahaan untuk membuat keputusan manajemen yang lebih baik berdasarkan data yang
dimiliki. Implementasi business intelligence yang dilakukan berupa pengolahan data
penjualan perumahan PT. Jatiwangi Grahatama Properti dan juga data-data lain yang
diperlukan sehingga dihasilkan output berupa tampilan visualisasi dan informasi melalui
dashboard informasi yang dapat memberikan wawasan mengenai kondisi pasar perumahan
yang ada di Provinsi Lampung. Langkah-langkah yang dilakukan dalam Implementasi
Business intelligence ini dimulai dari pengumpulan data, pengolahan data melalui metode
Extract, Transform, Loading (ETL) yang kemudian dilanjutkan dalam metode OLAP yang
merupakan salah satu metode yang digunakan untuk melakukan analisis. Akhirnya
dihasilkan Visualisasi data yang dapat menggambarkan relasi dan pola antara variabel yang
ada dalam data dan mengkomunikasikan informasi secara jelas dan efektif melalui sarana
grafis.
Collections
- Industrial Engineering [2286]