dc.contributor.advisor | Kholid Haryono, S.T., M.Kom. | |
dc.contributor.author | M. YUSRIL NUGRAHA PUTRA | |
dc.date.accessioned | 2022-12-06T01:49:07Z | |
dc.date.available | 2022-12-06T01:49:07Z | |
dc.date.issued | 2022-07-27 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40840 | |
dc.description.abstract | SPP merupakan sumbangan pembangunan pendidikan yang dibayarkan oleh murid di
sekolah. Pada tingkat sekolah dasar (SD), masih sangat kurang dan kuantitas tidak ada sekolah
yang memanfaatkan bidang teknologi informasi untuk manajerial atau operasional tugas
bendahara agar dapat mengelola sistem pembayaran SPP dengan efektif dan efisien. Proses
dalam mengelola data finansial sekolah apabila dikerjakan dengan manual, yaitu secara tulis
tangan maka hasilnya kurang efektif. Sehingga perlu membuat sistem informasi manajemen
data keuangan sekolah, untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada wali murid yang
melakukan pembayaran SPP bulanan, dan mempercepat kinerja pegawai di sekolah. Design
thinking dapat berguna membantu dalam cara berpikir agar mendapatkan ide, kreativitas, dan
inovasi, yang dilakukan dari pendekatan berpusat pada manusia. Di dalam membangun ide
dengan design thinking, terdapat tahapan-tahapan design thinking yang mencakup dari tahap
Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Penelitian ini dilakukan menggunakan
pendekatan design thinking, di mana design thinking mampu membantu menyelesaikan
permasalahan kompleks di sekolah. Design thinking ialah salah satu pendekatan dalam
pembuatan sebuah software yang berfokus kepada calon pengguna. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.subject | Design thinking | en_US |
dc.subject | perancangan sistem informasi | en_US |
dc.subject | sistem informasi SPP | en_US |
dc.subject | sistem informasi keuangan sekolah | en_US |
dc.subject | sistem informasi manajemen Pembayaran SPP | en_US |
dc.title | Sistem Informasi Manajemen Pembayaran Spp Menggunakan Pendekatan Design Thinking (Studi Kasus Sd Muhammadiyah 1 Ngaglik) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17523117 | |