Analisis Stabilitas Abutment (Studi Kasus: Jembatan Bandar Agung-Lawang Agung, Emp Lawang, Sumatera Selatan) (Abutment Stability Analysis) (Case Study: Bandar Agung-Lawang Agung Bridge, Empa Lawang, South Sumatra)
Abstract
Abutment adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung pilar - pilar
Jembatan. Abutment mempunyai fungsi untuk memikul semua beban yang bekerja pada bangunan
atas dasar dengan aman sekaligus sebagai bangunan penahan tanah serta menerima tekanan dan
diteruskan ke pondasi. Jembatan Bandar Agung - Lawang Agung yang berada di Kabupaten Empat
Lawang Sumatera Selatan.Masalah yang sering kita temui dalam konstruksi jembatan adalah
terjadinya kegagalan strukturnya, seperti yang sering kita lihat pada kasus jembatan yang ambruk /
runtuh. Dengan demikian, untuk menghindari hal - hal tersebut perlu untuk menganalisis stabilitas
abutmentnya.
Pada penilitian ini akan dilakukan analisis stabilitas terhadap geser pada kondisi banjir,
susut, dan normal. Analisis stabilitas terhadap guling pada kondisi banjir, susut, normal. Analisis
stabilitas terhadap daya dukung tanah pada kondisi banjir, susut, normal. Metode yang digunakan
yaitu metode rankine dan metode terzaghi.
Hasil penelitian pada Jembatan Bandar Agung - Lawang Agung yaitu Angka aman geser
untuk kondisi banjir didapat SF = 1,509. SF geser untuk kondisi susut didapat SF = 1,677. dan SF
geser untuk kondisi normal didapat SF = 3,198. Berdasarkan nilai SF tersebut, abutment dapat
dikatakan aman terhadap gaya geser. Angka aman guling untuk kondisi banjir didapat SF = 1,798.
SF guling untuk kondisi susut didapat SF = 1,8529. dan SF guling untuk kondisi normal didapat SF
= 3,612. Berdasarkan nilai SF tersebut, abutment dapat dikatakan aman terhadap gaya guling. Angka
aman daya dukung untuk kondisi banjir didapat SF = 4,495. SF daya dukung untuk kondisi susut
didapat SF = 3,524. dan SF daya dukung untuk kondisi normal didapat SF = 15,573. Berdasarkan
nilai SF tersebut, abutment dapat dikatakan aman terhadap gaya daya dukung.
Collections
- Civil Engineering [4205]