Pengembangan Gim Edukasi Matematika Untuk Murid Sekolah Dasar
Abstract
Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern,
mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia.
Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini dilandasi oleh
perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan diskrit.
Untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan diperlukan penguasaan
matematika yang kuat sejak dini. Murid kelas 3 SD Purwobinangun memiliki kemampuan
untuk menghitung matematika yang kurang, kesimpulan tersebut didapat melalui observasi
pada sekolah tersebut, setelah berdiskusi dengan guru SD di sana, dapat disimpulkan kalau
murid kurang lancar dalam menghitung persoalan matematika. Game edukasi memiliki jenis
tema yang berbeda-beda, beberapa di antaranya adalah RPG (role-playing game), puzzle,
arcade, dan lainnya. Gim edukasi tema puzzle dan arcade cocok untuk dijadikan gim edukasi
karena mudahnya jenis gim untuk meningkatkan kemampuan pemainnya. Berdasarkan alasan
di atas, penulis mengusulkan gim edukasi matematika untuk membantu kelas 3 SD
Purwobinangun sebagai media belajar untuk memperlancar perhitungan matematika yang
dibangun menggunakan metode GDLC (Game Development Life Cycle). Pada gim tersebut
pemain diberikan permasalahan matematika dari yang mudah sampai sulit, dengan harapan
dapat membantu murid dalam menghitung matematika, tidak hanya itu tapi juga dalam
mengambil keputusan, dan berpikir dengan cepat. Kesimpulan dibuatnya gim ini untuk
membantu murid kelas 3 SD Purwobinangun dapat lancar menghitung persoalan matematika.
Collections
- Informatics Engineering [2162]