Peran Self-Esteem Dalam Memediasi Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dan Kecenderungan Pembelian Kompulsif Pada Generasi Millenial
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran self-esteem dalam memediasi
hubungan antara pola asuh orangtua dan kecenderungan perilaku pembelian kompulsif
pada generasi millenial.Responden penelitian ini berjumlah 277 generasi millenial
yang berusia 20-40 tahun. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan skala Scale of
Parenting Scale (Gafoor, 2014), Rosenberg Self-Esteem Scale dan skala Richmond
Compulsive Buying Scale (Ridgway, 2008). Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dan analisis mediasi sederhana dilakukan menggunakan bantuan program
SPSS versi 26 for Windows dengan plugin PROCESS by Hayes versi 3.5. Hasil analisis
menunjukkan bahwa self-esteem dapat berperan sebagai mediator antara pola asuh
orangtua dan kecenderungan perilaku pembelian kompulsif.(nilai LLCI= -0,0225;
ULCI=-0,0049).
Collections
- Psychology [2192]