Analisis Sentimen Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Eskpedisi Menggunakan Bilstm Dan Bigru
Abstract
SOLUSI247 merupakan sebuah perusahaan berbasis Information Communication Technology
(ICT) yang menyediakan jasa dalam pemrosesan data berskala besar, seperti YAVA yang
merupakan Big Data Platform. MedAn247 (Media Analytics 247) merupakan proyek yang
dikerjakan selama pemagangan berlangsung sejak Agustus 2021. MedAn247 secara garis besar
merupakan produk yang digunakan untuk menganalisis media untuk dapat menarik kesimpulan
serta keputusan secara tepat dan akurat. Salah satu tugas yang diberikan adalah dalam melakukan
analisis sentimen mengenai kepuasan pelanggan terhadap beberapa ekspedisi antara lain JNE,
JNT, Sicepat, dan Anteraja. Analisis sentimen digunakan untuk mengetahui sentimen yang
diberikan oleh pengguna ekspedisi melalui platform Twitter, dengan kata lain untuk mengetahui
sikap atau perasaan pengguna. Dilakukan beberapa tahapan untuk mengetahui sentimen kepuasan
pelanggan, di antaranya adalah crawling, preprocessing, data labeling, modeling, dan evaluation.
Pada tahap modeling, digunakan algoritma BiGRU dan BiLSTM dalam melakukan klasifikasi
sentimen. Hasil yang diperoleh pada tahap evaluation adalah algoritma BiGRU menghasilkan nilai
akurasi sebesar 70.1% dan algoritma BiLSTM menghasilkan nilai akurasi sebesar 71.9%. Sebagai
Data Scientist, pengalaman kerja berupa ketelitian dan kecermatan selama melakukan data
preprocessing sangatlah diperlukan untuk membuahkan hasil model yang baik dan tepat.
Collections
- Informatics Engineering [2154]