Analisis Disonansi Kognitif Mahasiswa Untuk Pemilihan Asisten Laboratorium Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia
Abstract
Mahasiswa secara aktif mengembangkan kemampuannya dengan mengembangkan suatu
cabang ilmu pengetahuan teknologi untuk menjadiprofesional yang berbudaya. Salah satu
wadah untuk mengembangkan kemampuan adalah dengan menjadi asisten laboratorium.
Karena harus bekerja secara profesional, asisten harus memiliki minat yang tinggi untuk
menjadi asisten laboratorium. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh
disonansi kognitif pada mahasiswa yang memilih sebagai asisten laboratorium terutama
pada program studi teknik industry universitas islam Indonesia dan juga mengetahui
pengaruh kepuasan menjadi asisten dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Pembentukan dimensi pada disonansi kognitif meliputi emosional, kebebasan dalam
memilih dan kebijakan dalam memilih. Dimensi emosional diukur dengan 15 butir
pertanyaan, dimensi kebebasan dalam memilih diukur dengan 4 butir pertanyaan, dan
kebijaksanaan dalam memilih diukur dengan 3 butir pertanyaan. Sampel penelitian
menggunakan asisten laboratorium mulai dari angkatan 2017, 2018, 2019 di Program
Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia sejumlah 55 orang. Teknik analisis
yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan analisis faktor dan analisis regesi Hasil
penelitian analisis disonansi koginitif menggunakan analisis faktor pada variabel
emosional menampilkan bahwa asisten merasa tidak hampa untuk memilih sebagai
asisten laboratorium, pada variabel kebebasan dalam memilih menampilkan bahwa
asisten merasa telah membuat pilihan yang tepat untuk memilih sebagai seorang asisten
laboratorium. Pada variable kebijaksanaan dalam memilih menampilkan bahwa
mahasiswa merasa tidak mengalami kebingungan dalam memilih sebagai seorang asisten
laboratorium. Pada analisis regresi diperoleh bahwa hanya laboratorium DELSIM yang
kepuasan sebagai asiten mempengaruhi disonasi kognitif yang terjadi pada asisten.
Collections
- Industrial Engineering [2243]