Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Kaliurang Di Depan Pasar Gentan (Performance Evaluation Of Kaliurang Road In Front Of Gentan Market)
Abstract
Jalan Kaliurang Km 10,1 – 10,7 berada di kawasan yang sisi jalannya terdapat Pasar Gentan,
pertokoan, dan kantor. Volume arus lalu lintas yang tinggi dan adanya hambatan samping di sisi
ruas jalan Kaliurang Km 10,1 – 10,7 menyebabkan penurunan kinerja dan kapasitas di ruas jalan
Kaliurang Km 10,1 – 10,7 yang mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Maka diperlukan evaluasi
kinerja ruas jalan akibat hambatan samping di jalan Kaliurang Km 10,1 – 10,7 untuk mengetahui
kinerja ruas jalan tersebut serta alternatif solusi untuk penanganan pada ruas jalan tersebut.
Penelitian dilakukan pukul 05.00 – 12.00 WIB pada hari Sabtu tanggal 15 Januari 2022 dan
hari Senin tanggal 17 Januari 2022. Panjang ruas jalan yang diamati ± 600 meter di depan Pasar
Gentan yang dibagi menjadi 3 segmen dengan panjang tiap segmennya 200 meter. Data primer pada
penelitian ini yaitu data geometrik, volume lalu lintas, waktu tempuh, dan hambatan samping. Data
sekunder pada penelitian ini berupa denah lokasi dan jumlah penduduk kabupaten Sleman. Dari data
penelitian yang telah didapatkan, kemudian dilakukan analisis menggunakan Manual Kapasitas
Jalan Indonesia (1997) sebagai acuan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh volume lalu lintas tertinggi pada kondisi
eksisting yaitu pada hari Sabtu pukul 10.00 – 11.00 WIB sebesar 1.831,95 smp/jam pada segmen 1
dengan kelas hambatan samping rendah (L), 1.793,1 smp/jam pada segmen 2 dengan kelas hambatan
samping sangat tinggi (VH), dan 1.715,85 smp/jam dengan kelas hambatan samping sedang (M).
Hasil analisis menunjukkan derajat kejenuhan (DS) pada segmen 1 yaitu sebesar 0,693; pada segmen
2 sebesar 0,807; dan pada segmen 3 sebesar 0,663. Hasil analisis alternatif solusi pada segmen 2
dengan pemberian pembagi lajur jalan di sepanjang sebelah barat simpang tugu Gentan diperoleh
nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,741. Hasil analisis alternatif solusi pada segmen 2 dengan
memberi larangan/meniadakan parkir di kedua sisi jalan diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS)
sebesar 0,65.
Collections
- Civil Engineering [4204]