Pengembangan Ui/Ux Mobile Pada Pembukaan Rekening Digital Saving Dengan Pendekatan Design Thinking
Abstract
Pandemi COVID-19 menjadi salah satu tantangan bagi perusahaan perbankan untuk dapat
berevolusi demi mencapai target. Pembuatan tabungan secara online bagi nasbaah/calon
nasabah dimulai selama masa pandemi COVID-19. Hal ini dilakukan untuk menghindari
kerumunan orang dan menghindari proses antre yang pada umumnya terjadi apabila
menggunakan metode offline. Aplikasi Digital Saving BRI adalah aplikasi yang menyediakan
wadah kepada nasabah untuk melakukan pembukaan rekening secara online tanpa harus datang
ke bank dan unduh aplikasi. Terdapat kendala pada sisi UI dan UX aplikasi Digital Saving BRI
versi lama sehingga memiliki performa yang tidak maksimal. Pengembangan redesain UI/UX
aplikasi Digital Saving BRI ini bertujuan untuk meningkatkan performa Digital Saving BRI
menjadi lebih baik. Pengembangan redesain UI/UX aplikasi Digital Saving BRI ini
menggunakan pendekatan Design Thinking yang memiliki beberapa tahap yaitu: emphatize,
define, ideate, prototype, dan testing. Pemilihan metode Design Thinking ini karena memiliki
keunggulan berpusat pada pengguna dan berbasis solusi, yang membedakannya dari kerangka
kerja pemecahan masalah lainnya. Harapan dari proyek yang dikerjakan ini dapat
menghasilkan produk yang memiliki user interface dan user experience yang lebih baik
dibandingkan sebelumnya, memastikan keefektifan dalam menggunakan aplikasi. Berdasarkan
implementasi Design Thinking, proyek ini telah berhasil membuat produk berupa prototype
hasil desain aplikasi Digital Saving BRI versi mobile web terbaru. Hasil pengujian secara
keseluruhan, proses pengisian data dapat dilakukan secara benar. Mayoritas instruksi pada
aplikasi sudah dapat dipahami dengan mudah oleh responden. User interface yang disediakan
sudah tepat dan tidak mengganggu proses pengerjaan responden.
Collections
- Informatics Engineering [2170]