Show simple item record

dc.contributor.advisorNovi Rahmayanti, S.T., M.Eng.
dc.contributor.authorFAJAR IMAWAN AKHMAD
dc.date.accessioned2022-11-28T01:36:28Z
dc.date.available2022-11-28T01:36:28Z
dc.date.issued2022-08-15
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40632
dc.description.abstractPenggunaan paving block pada perkerasan sudah sangat lazim dipakai sebagai fasilitas umum. Paving block memiliki keunggulan yaitu mudah dalam pemeliharaannya, waktu pelaksanaan lebih cepat, mudah dalam pemasangan dan biaya pelaksanaan yang lebih murah. Paving block yang digunakan untuk perkerasan jalan harus memenuhi syarat, seperti kekuatan yang cukup untuk memikul beban dari kendaraan beroda. Selain itu permukaan paving block juga harus kuat terhadap gaya gesekan dan keausan akibat gaya traksi roda-roda kendaraan serta kuat terhadap pengaruh lingkungan terutama air. Secara struktural paving block memiliki kekuatan yang cukup besar, untuk mengubah sifat atau karakteristik serta meningkatkan kualitas paving block yaitu dengan cara menggunakan bahan tambah kerikil jagung, dimana kerikil jagung ialah batu pecah berasal dari Daerah Clereng. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kuat tekan, ketahanan aus, dan daya serap air yang dihasilkan dengan penambahan kerikil jagung/batu pecah sebagai substitusi pasir sesuai dengan SNI 03-0691-1996. Pembuatan paving Block dimulai dari pengukuran bahan campur yang terdiri dari pasir, semen, kerikil jagung, dan air. Presentase variasi kerikil jagung sebagai substitusi pasir yang digunakan yaitu 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Kemudian mencampurkan bahan campuran menggunakan mesin pengaduk/mixer untuk dicetak ke dalam cetakan tipe holland berukuran 20 cm x 10 cm x 6 cm. setelah 1 hari pencetakan, paving block direndam dalam air selama 28 hari. Berdasarkan hasil penelitian, nilai optimum yang dihasilkan kerikil jagung sebagai substitusi pasir berada pada variasi 10% dimana nilai kuat tekan yang dihasilkan sebesar 36,05 MPa, nilai ketahanan aus sebesar 0,111 mm/menit, dan nilai daya serap air terendah sebesar 6,66%.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectpaving blocken_US
dc.subjectKerikil Jagungen_US
dc.subjectKuat Tekanen_US
dc.subjectKetahanan Ausen_US
dc.subjectDaya Serap Airen_US
dc.titlePengaruh Penggunaan Kerikil Jagung Sebagai Bahan Pengganti Sebagian Pasir Pada Paving Block (The Effects Of Using Corn Gravel As A Partial Substitute Of Sand On Paving Block)en_US
dc.Identifier.NIM16511233


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record