Pola Asuh Otoriter Dan Kecerdasan Emosi Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kayuagung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perbandingan pola asuh
otoriter dan kecerdasan emosi pada siswa sekolah menengah atas negeri 1
kayuagung. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan
yang positif antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosi pada siswa siswi
SMA Negeri 1 Kayuagung. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 100
siswa, dimana jumlah siswa laki-laki sebanyak 49 dan 51 sisanya adalah siswa
perempuan. Alat ukur pola asuh otoriter diadaptasi dari Baumrind (1966) yang
mengacu pada aspek Riberio (2009), sedangkan alat ukur kecerdasan emosi
mengacu pada teori Mayer dan Salovey yang diadaptasi dari Schutte (Schutte, dkk.,
1997). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai koefisien korelasi atau r =
0,105 dan nilai p = 0,001 (p<0,05), hasil ini menunjukan adanya hubungan positif
antara pola asuh otoriter dan kecerdasan emosi pada siswa SMA Negeri 1
Kayuagung yang diajukan pada penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2187]