Hubungan Antara Academic Coping Strategy Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Islam Indonesia Selama Pembelajaran Daring
Abstract
Penelitian ini mengkaji apakah setiap aspek strategi academic coping seperti
approach, avoidance, dan social support berhubungan dengan academic burnout
pada mahasiswa kedokteran Universitas Islam Indonesia selama pembelajaran
daring. Literatur terbaru menunjukkan bahwa mahasiswa kedokteran mengalami
academic burnout selama pembelajaran daring. Selain itu, sebuah penelitian
menunjukkan bahwa strategi coping berpengaruh pada pengurangan academic
burnout mahasiswa. Penelitian ini terdiri dari 123 responden yang memenuhi
kriteria mahasiswa aktif kedokteran Universitas Islam Indonesia, berjenis kelamin
laki-laki atau perempuan, serta sedang atau pernah melakukan pembelajaran
secara daring. Peneliti melakukan analisis korelasi dengan teknik Spearman’s-rho
untuk menguji hubungan setiap aspek academic coping dengan academic burnout
pada mahasiswa kedokteran semester 2, 4, dan 6. Hasil analisis menemukan
bahwa aspek approach berkorelasi dengan academic burnout pada mahasiswa
kedokteran semester empat, serta aspek social support berkorelasi dengan
academic burnout pada mahasiswa kedokteran semester enam. Sedangkan untuk
aspek avoidance tidak berkorelasi dengan academic burnout baik pada mahasiswa
kedokteran semester 2, 4, dan 6.
Collections
- Psychology [2174]