Pengaruh Framing Tentang Tubuh Ideal Terhadap Kecenderungan Mengontrol Berat Badan Secara Sehat Dengan Mediasi Penerimaan Terhadap Bentuk Tubuh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh muatan komunikasi yang mengandung
stigma (vs. non stigma) terhadap kecenderungan individu mengontrol berat badan secara sehat
melalui penerimaan terhadap bentuk tubuh. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen
antar kelompok (Between groups design) dengan pemaparan gambar sebagai
manipulasi stigma. Sebanyak 222 individu berpartisipasi dalam penelitian ini
(Perempuan = 81.8%, laki-laki = 18.2%; Musia = 21.3 tahun, SDusia = 4.1 tahun; Rusia = 17
– 51 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat efek tidak langsung muatan
komunikasi yang tidak mengandung stigma terhadap kecenderungan mengontrol berat
badan secara sehat melalui penerimaan terhadap bentuk tubuh. Artinya bahwa muatan
komunikasi yang tidak mengandung stigma memiliki implikasi positif terhadap
penerimaan atas bentuk tubuh, yang kemudian penerimaan ini memiliki implikasi
positif pada kecenderungan mengontrol berat badan secara sehat. Namun demikian,
muatan komunikasi yang mengandung stigma tidak memiliki efek langsung terhadap
kecenderungan mengontrol berat badan secara sehat. Hasil penelitian ini memiliki
implikasi yang penting, baik secara teoritik maupun secara praktis, khususnya terkait
dengan upaya untuk membudayakan model perubahan perilaku yang bebas stigma
dalam upaya meningkatkan level kesehatan masyarakat.
Collections
- Master of Psychology [344]