Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Qurtubi, S.T., M.T.
dc.contributor.authorMELINSKA AYU FEBRIANTI
dc.date.accessioned2022-11-16T07:45:19Z
dc.date.available2022-11-16T07:45:19Z
dc.date.issued2022-07
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40450
dc.description.abstractIndustri ritel adalah sektor vital bagi ekonomi di seluruh dunia dan ditandai dengan persaingan yang tinggi, margin keuntungan yang ketat, dan konsumen yang menuntut. Berdasarkan data Nielsen, sejumlah besar masyarakat mulai berbelanja FMCG di gerai ritel modern karena lebih dekat dan lebih praktis. Dengan bertumbuhnya ritel modern, pemilik perusahaan ritel harus mampu bertahan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Lokasi rak tempat produk dipajang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan produk. Selain itu, menampilkan produk pelengkap yang berdekatan satu sama lain dapat meningkatkan kemungkinan penjualan silang produk. Memahami pola perilaku pembelian pelanggan dapat membantu dalam memilih strategi ritel terbaik untuk meningkatkan penjualan produk. Penelitian ini menggunakan Association Rule Market Basket Analysis (AR-MBA) untuk memahami pola perilaku belanja pelanggan berdasarkan transaksi penjualan pada ritel yang berada di Yogyakarta. Metode ini digunakan untuk menemukan korelasi antara beberapa item berbeda yang dibeli dalam satu transaksi, sehingga hasilnya dapat dimanfaatkan untuk mengatur tata letak produk untuk memudahkan pencarian produk dan meningkatkan potensi pembelian impulsif. Data transaksi penjualan yang digunakan yaitu data transaksi selama 1 bulan yakni Februari 2022. Penelitian ini menggunakan multi-level association rules di mana hierarki data set dibagi menjadi tiga, yakni kategori, sub-kategori, dan item. Hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa terdapat 24 asosiasi antar kategori, 49 asosiasi antar sub kategori, dan 12 asosiasi antar item produk yang terbentuk dengan produk yang sering muncul pada transaksi setiap bulannya berasal dari kategori air mineral, cigarette, dan beras-tepunggula. Selain itu, rekomendasi strategi pemasaran yang diusulkan berupa perbaikan tataen_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectletak tokoen_US
dc.subjectperancangan planogramen_US
dc.subjectdan penawaran produk bundlinen_US
dc.titleAnalisis Pola Pembelian Pelanggan Berdasarkan Transakspenjualan Pada Ritel Dengan Metode Multilevel Association Rulesen_US
dc.Identifier.NIM18522320


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record