Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Terhadap Program Apoteker Sahabat Isoman Kita (Asik)
Abstract
Latar Belakang : Telefarmasi merupakan pelayanan kefarmasian oleh apoteker
dari jarak jauh menggunakan telekomunikasi dan teknologi informasi. Pandemi
Covid-19 yang terjadi dapat menjadi peluang bagi apoteker dalam memberikan
serta meningkatkan pelayanan telefarmasi, sehingga dapat menimbulkan berbagai
persepsi kepuasan dari masyarakat.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor
sosiodemografi yang mempengaruhi tingkat kepuasan peserta layanan telefarmasi
terhadap program ASIK.
Metode : Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode cross-sectional dengan
teknik pengambilan sampel convenience sampling dan pengambilan data
dilakukan secara retrospektif melalui kuesioner. Pengolahan dan analisis data
dilakukan dengan bantuan program statistical package for social sciences (SPSS)
dengan menggunakan uji Kendall’ Tau dan Spearman rank.
Hasil : Hasil penelitian tingkat kepuasan pada dimensi Responsiveness 83,08%,
dimensi Reliability 81,03%, dimensi Assurance 83,07% dan pada dimensi Empaty
91,93%. Hasil uji statistik dari karakteristik sosiodemografi tidak terdapat
hubungan antara jenis kelamin, usia, pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan
dengan tingkat kepuasan peserta terhadap program Apoteker Sahabat Isoman Kita
karena p-value > 0,05.
Kesimpulan : Tingkat kepuasan peserta terhadap program ASIK pada setiap
dimensi termasuk kedalam kategori sangat puas dan hasil dari hubungan tingkat
kepuasan peserta terhadap sosiodemografi tidak terdapat hubungan yang
signifikan.
Collections
- Pharmacy [1444]