dc.contributor.advisor | Dwi Ana Ratna Wati, S.T., M.Eng. | |
dc.contributor.advisor | Yusuf Aziz Amrullah, S.T., M.Eng., Ph.D. | |
dc.contributor.author | MUHAMMAD RAIS | |
dc.contributor.author | REPKA WISTHI DRESTANTO | |
dc.date.accessioned | 2022-11-10T03:32:15Z | |
dc.date.available | 2022-11-10T03:32:15Z | |
dc.date.issued | 2022-07-25 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40338 | |
dc.description.abstract | Krisis energi merupakan isu yang sedang terjadi saat ini, maka dari itu umat manusia terus
mencari energi alternatif untuk menjaga ketersediaan energi di bumi. Hal tersebut mendorong
perkembangan teknologi salah satunya teknologi kendaraan menggunakan energi listrik. Tanpa
terkecuali di Indonesia pun sebagian masyarakat memilih untuk beralih ke kendaraan listrik karena
kendaraan listrik memiliki beberapa keunggulan seperti lebih ramah lingkungan, lebih mudah
perawatannya dibandingkan dengan kendaraan bahan bakar konvensional, serta biaya energi yang
lebih murah.
Untuk mendukung transisi dari penggunaan kendaraan bahan bakar konvensional ke
kendaraan listrik, maka Prodi Teknik Elektro pun melakukan pengembangan kendaraan listrik
untuk lingkungan kampus UII. Salah satu komponen utama yang digunakan pada kendaraan listrik
yaitu controller atau sistem pengendali yang berperan sebagai pengaturan motor mulai dari proses
starting, proses selama motor berputar hingga proses pemberhentian motor baik dengan
pengereman maupun tidak. Pengaturan saat motor dalam kondisi berputar dapat berupa pengaturan
arah putaran maupun pengaturan kecepatan putaran. Maka dari itu terciptalah produk IMCO
(Intelligent Mobility Controller) yang merupakan perangkat controller untuk mengatur kecepatan
putar motor BLDC pada kendaraan listrik yang nantinya akan diaplikasikan untuk keperluan
mobilitas di lingkungan kampus UII. IMCO sendiri memiliki spesifikasi tegangan 48 V dengan
daya 1000 W dan arus maksimal 40 A. Spesifikasi tersebut disesuaikan dengan medan yang akan
dilalui. Berdasarkan hasil pengujian, IMCO mampu mengatur kecepatan putar motor BLDC sesuai
dengan set point yang diberikan oleh throttle.
Produk IMCO sudah melewati beberapa uji coba untuk memastikan bahwa sistem sudah
berjalan dengan baik. Dan dari hasil uji coba yang dilakukan menunjukan bahwa produk IMCO
sudah dapat mengendalikas putaran motor BLDC sesuai dengan set point yang ditentukan oleh
throttle. Namun produk IMCO belum melewati uji coba mengendalikan putaran motor BLDC
dengan beban dikarenakan waktu pengerjaan yang terbatas. | en_US |
dc.publisher | UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA | en_US |
dc.title | Imco: Rancang Bangun Sistem Kendali Kecepatan Putar Motor Bldc Untuk Kendaraan Motor Listrik | en_US |
dc.Identifier.NIM | 17524019 | |
dc.Identifier.NIM | 18524072 | |