Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Anton Priyo Nugroho, SE., M.M.
dc.contributor.authorMUHAMMAD AULIA MADINI
dc.date.accessioned2022-11-09T07:50:04Z
dc.date.available2022-11-09T07:50:04Z
dc.date.issued2022-08-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40329
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi karena bisnis pada waralaba pada khususnya masih memunculkan beberapa fakta yang menimbulkan spekulasi bagi para pihak pelaku waralaba tentang kesesuaian bisnis waralaba dalam perspektif etika bisnis Islam. Selama ini pelaku bisnis yang memahami bisnis dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Sehingga perpaduan antara konsep bisnis waralaba dengan konsep bisnis Islam, terlebih dari sudut pandang etika bisnis Islam dianggap sesuatu yang sangat perlu oleh penulis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kesesuaian sistem Waralaba pada usaha minuman Susu Sedunia Cabang Kaliurang, Sleman, Yogyakarta dengan perspektif Etika Bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan survei lapangan (field research), tehnik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif, dengan tehnik analisis dilakukan secara bersamaan mulai dari proses reduksi data, penyajian data hingga pada verifikasi atau penarikan kesimpulan. Objek dalam penelitian ini yaitu UMKM Susu Sedunia Cabang Kaliurang Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Data penelitian didapatkan melalui proses wawancara secara langsung kepada informan kunci yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu pemilik UMKM Susu Sedunia Cabang Kaliurang, karyawan UMKM Susu Sedunia Cabang Kaliurang dan konsumen Susu Sedunia Cabang Kaliurang. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Sistem franchise yang digunakan Susu Sedunia Cabang Jakal merupakan waralaba dengan jenis waralaba format bisnis. Hal ini terlihat dari adanya penggunaan logo, merk dagang dan sistem dalam usaha yang dipinjamkan pada pihak franchisee. Kesesuaian etika bisnis Islam yang diterapkan di Susu Sedunia Cabang Jakal dalam menjalankan kegiatan usahanya tercermin dari beberapa aspek, yang ditunjukkan dengan adanya pengajian dan pembekalan sebelum menjalankan aktivitas jual beli sehari-hari. Dalam hal penerapan aksioma etika bisnis Islam yaitu konsep keesaan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebajikan (ihsan) serta hasil penelitian yang dilakukan, Susu Sedunia Cabang Jakal telah mengintegrasikan kelima aksioma etika bisnis Islam ke dalam usahanya. Dalam usaha waralaba Susu Sedunia Cabang Jakal semua unsur yang ada sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yang diajarkan dalam agama Islam.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.subjectWaralabaen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islamen_US
dc.subjectUMKMen_US
dc.titleSistem Waralaba Pada Usaha Minuman Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Susu Sedunia Cabang Kaliurang, Sleman, Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM15423065


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record