Show simple item record

dc.contributor.advisorHendrik, S.T, M.Eng.
dc.contributor.authorZAKERI
dc.date.accessioned2022-11-04T02:22:00Z
dc.date.available2022-11-04T02:22:00Z
dc.date.issued2022-07-21
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40198
dc.description.abstractPemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) saat ini telah menerapkan pelayanan perizinan berbasis elektronik untuk masyarakat yang membutuhkan perizinan. Penyelenggaraan penerbitan perizinan dilakukan melalui aplikasi daring terpadu yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu SiCantik Cloud versi 5.0. Melalui observasi awal, penggunaan aplikasi SiCantik belum terlaksana dengan baik karena masih banyak masyarakat yang belum maksimal dalam mengoperasikan aplikasi dengan berbagai masalah seperti penggunaan yang rumit, kesalahan dalam penginputan data, dan kesalahan dalam pengunggahan dokumen persyaratan perizinan. Adanya temuan berbagai kendala yang dihadapi masyarakat terhadap implementasi aplikasi SiCantik pada layanan perizinan berbasis elektronik DPMPTSP Karimun, diperlukan sebuah evaluasi dalam menilai kualitas dan keberhasilan penggunaan aplikasi SiCantik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website SiCantik berdasarkan persepsi pengguna akhir menggunakan metode WebQual 4.0 yang terdiri tiga dimensi utama yaitu usability quality, information quality, dan service interaction quality. Ketiga dimensi pada WebQual 4.0 diadopsi menjadi sebuah instrumen penelitian kemudian dianalisis menggunakan metode analisis statistik yang meliputi uji asumsi klasik dan uji regresi linear berganda. Pengujian selanjutnya menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) untuk mengetahui tingkat kesesuaian dan tingkat kesenjangan antara kinerja dengan harapan pengguna. Serta untuk mengetahui atribut yang menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga variabel independen (X) secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap variabel dependen (Y). Analisis IPA menemukan bahwa website SiCantik belum sepenuhnya memenuhi harapan responden berdasarkan pengukuran tingkat kesesuaian memperoleh nilai rata-rata sebesar 88,50%. Sementara, analisis tingkat kesenjangan menunjukkan bahwa terdapat nilai gap yang bernilai negatif dengan perolehan nilai keseluruhan -0,47. Terdapat atribut yang perlu diberikan prioritas perbaikan yaitu, atribut website menyediakan informasi yang up to date (X2-3), Informasi yang terdapat pada website belum sesuai (X2-7), serta website belum memberikan kemudahan berkomunikasi dengan penyedia layanan (X3-5).en_US
dc.subjectSiCantiken_US
dc.subjectDPMPTSP Kabupaten Karimunen_US
dc.subjectWebQual 4.0en_US
dc.subjectImportance- Performance Analysisen_US
dc.titleAnalisis Kualitas Layanan Sicantik Pada Dpmptsp Kabupaten Karimun Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis (Ipa)en_US
dc.Identifier.NIM15523023


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record