Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Kinerja Dan Inovasi Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Pada Umkm Fotokopi Di Daerah Istimewa Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetaahui pengaruh corporate social
responsibility terhadap kinerja dan inovasi pada UMKM fotokopi di Daerah
Istimewa Yogyakarta. Dalam penelitian ini menggunakan variabel Corporate
Social Responsibility, Kinerja, dan Inovasi. Dalam penelitian ini pemilihan sampel
menggunakan metode purposive sampling dan convenience sampling, dengan
kriteria sampel yaitu UMKM fotokopi yang berjalan selama 3 (tiga) tahun atau
lebih dan UMKM fotokopi yang memiliki 3 (tiga) tenaga kerja atau lebih.
Berdasarkan kriteria tersebut, diperoleh sampel sebanyak 115 responden yang
memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling
(SEM) untuk menganalisis hubungan antar variabel dan dilakukan dengan metode
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa corporate social responsibility
memiliki pengaruh positif terhadap kinerja dan inovasi. Selanjutnya inovasi
memiliki pengaruh yang positif terhada kinerja dan corporate social responsibility
berpengaruh positif terhadap kinerja melalui inovasi.
Collections
- Akuntansi [4444]