Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan Syarif Zaidan, M.Si.
dc.contributor.authorAFAN IRIAWAN
dc.date.accessioned2022-10-27T08:03:38Z
dc.date.available2022-10-27T08:03:38Z
dc.date.issued2022-07-26
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/40029
dc.description.abstractBerbagai pola pendidikan tersebar diseluruh Indonesia untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia. Lembaga pendidikan Islam sebagai contoh dalam penerapan pola pendidikan yang relevan dengan kebutuhan yang ingin dicapai. Pendidikan Islam selain menerapkan pembelajaran pada umumnya seringkali menambahkan kegiatan rohani seperti membaca Al-Qur’an kepada siswanya. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini mencoba meneliti pengaruh antara waktu yang digunakan dalam pembelajaran dan membaca Al-Qur’an sebagai kegiatan sebelum pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan lokasi penelitian berada di SD Islam Bustanu Usysyaqil Qur’an desa Lesmana, Ajibarang, Banyumas. Penelitian ini mengambil data siswa kelas IV, V, dan VI untuk mengerjakan angket penelitian dan melihat nilai belajar Pendidikan Agama Islam dari guru. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data Uji Regresi Linier Berganda Uji T untuk melihat pengaruh secara individu antara variabel bebas terhadap variabel terikat dan Uji F untuk melihat pengaruh keseluruhan variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan pada Uji T bahwa tidak terdapat pengaruh antara variabel waktu belajar maupun variabel membaca Al-Qur’an terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi variabel waktu belajar sebesar 0,768 serta variabel membaca Al-Qur’an sebesar 0,640 lebih besar dari 0,05 berdasarkan rumus Uji T pada taraf signifikansi 5%. Kemudian pada Uji F disimpulkan tidak terdapat pengaruh antara kesemua variabel yakni waktu belajar dan membaca Al-Qur’an terhadap variabel prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Hal ini dilihat dari nilai signifikansi kedua variabel bebas sebesar 0,787 lebih besar dari 0,05 berdasarkan rumus Uji F pada taraf signifikansi 5%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectWaktu Belajaren_US
dc.subjectMembaca Al-Qur’anen_US
dc.subjectPAIen_US
dc.titlePengaruh Waktu Belajar Dan Membaca Al-Qur’an Pada Pagi Hari Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Iv, V, Vi Sd Islam Bustanu Usysyaqil Qur’anen_US
dc.Identifier.NIM18422177


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record