dc.description.abstract | Pada saat ini masih banyak guru yang mengajar menggunakan media
pembelajaran kurang bervariasi. Yang berakibat siswa merasa bosan dalam
mengikuti pembelajaran. Maka dari hal tersebut Kahoot merupakan salah satu
media pembelajaran yang membuat siswa menjadi senang mengikuti
pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk pertama Mengetahui
inovasi guru dan penggunaan Kahoot dalam pembelajaran. Kedua kelebihan,
kekurangan, dan masukan terhadap penggunaan Kahoot dalam pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulannya
dilakukan dengan wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan
adalah studi kasus pada siswa dengan 6 partisipan. Penentuan subjek penelitian ini
juga dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Teknik analisis data dilakukan
dengan reduksi data, penyajian data atau juga penarikan kesimpulan.
Penelitian menemukan bahwa ini inovasi guru dan penggunaan Kahoot
dalam pembelajaran pada saat luring dan daring guru lebih banyak menggunakan
Power Point, semakin banyak guru memanfaatkan media pembelajaran dan
bervariasi media pembelajaran yang digunakan. Kahoot memiliki kelebihan yaitu
belajar lebih menyenangkan, mudah untuk digunakan, mudah untuk memahami
materi dan menjadi lebih berkembang. Mempunyai kekurangan yaitu jaringan,
soal dan jawaban terlalu pendek, dan keterbatasan perangkat, hanya efektif untuk
evaluasi belajar, dan efektif jika ada pengawasan. Masukan untuk pembelajaran
lebih efektif lewat Tidak menggunakan Kahoot sebagai media pembelajaran
selamanya, dan Kahoot untuk di mix antara Kahoot dengan media lainnya. | en_US |