Relevansi Pemikiran Abdul Mukti Ali Terhadap Output Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia Pada Era Industri 4.0.
Abstract
Revolusi industri mengalami puncaknya saat ini dengan lahirnya teknologi digital yang berdampak
masif terhadap hidup manusia di seluruh dunia. Pada era Industri 4.0 tidak hanya pada sektor
ekonomi saja yang terkena dampaknya, melainkan juga pendidikan. Pendidikan adalah salah satu
upaya untuk pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Indonesia salah
satunya pada tingkat perguruan tinggi. Perguruan tinggi di Indonesia diharapkan dapat berperan
maksimal untuk memberikan output atau lulusan yang memiliki daya saing yang tinggi pada era
Industri 4.0 tidak terkecuali Perguruan Tinggi Islam yang ada di Indonesia.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dimana penelitian tidak
dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan “apa adanya” tentang
suatu variabel, gejala, atau keadaan. Selain itu dalam pengumpulan data sampai pada analisis data,
peneliti berusaha memperoleh data subjektif yang sebanyak mungkin sesuai dengan keampuan yang
ada. Pendekatan yang peneliti gunakan dalam penelitian ini antara lain: Pendekatan Historis, dan
Pendekatan Filosofis.
Jika memerhatikan pemikiran dari Abdul Mukti Ali dalam menghasilkan output pada Pendidikan
Tinggi Islam di Indonesia pada Era Industri 4.0 pada saat ini ada beberapa aspek yang harus
diperhatikan dalam hal tersebut, yaitu : bekal pengetahuan kepada mahasiswa sebagai calon output
Pendidikan Tinggi Islam dalam aspek penguasaan sejarah, bahasa, metodologi, dan filsafat yang akan
sangat mendukung output dari Pendidikan Tinggi Islam pada Era Industri 4.0. Selain itu, Pendidikan
Tinggi Islam di Indonesia harus didukung dengan upaya pengembangan dosen sebagai pendidik pada
institusi pendidikan tinggi agar mampu menjawab tantangan pada Era Industri 4.0, serta didukung
dengan susasana Pendidikan Tinggi Islam yang sangat kental dengan akademisi, seperti bedah buku,
seminar, dan diskusi ilmiah agar menunjang wawasan dari output Pendidikan Tinggi Islam pada Era
Industri 4.0.