Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Metode Analisis SWOT dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) di UKM Yourbestbeautycare
Abstract
UKM Skincare Yourbestbeautycare merupakan salah satu UKM yang menjual produk
kecantikan, berdiri pada Mei 2020 dan dilakukan sebagai salah satu usaha keluarga di
Yogyakarta. UKM ini merupakan usaha yang bergerak di bidang kecantikan dan
kosmetik. Seiring perkembangan zaman semakin banyaknya pesaing dalam bidang
serupa yang mengharuskan UKM Yourbestbeautycare mempertahakan bisnisnya. Salah
satu caranya yaitu dengan membuat strategi pemasaran yang sesuai dan tepat agar dapat
meningkatkan penjualan. Dengan menggunakan metode analisis SWOT dalam
memaksimalkan Strengths (kekuatan), Opportunities (kesempatan) dan meminimalisasi
Weakness (kelemahan), Threats (ancaman) yang ada pada internal dan eksternal
perusahaan dengan Quantitative Strategic Planning Matrix dapat menentukan strategi
yang tepat dan sesuai bagi UKM Yourbestbeautycare. Analisis IFAS dan EFAS pada
diagram kartesius berposisi pada kuadran III dan strategi yang digunakan adalah
mengubah strategi. Pada analisis matriks Quantitative Strategic Planning Matrix strategi
yang terpilih adalah strategi Weakness-Opportunity dengan hasil score TAS sebesar
7,090. Startegi baru yang digunakan pada perushaan sebagai alternatif menggunakan
strategi penetrasi pasar dalam upaya untuk meningkatkan pangsa pasar untuk produk atau
jasa di pasar saat ini melalui upaya pemasaran yang lebih besar.
Collections
- Industrial Engineering [2224]