Factors Influencing MSMEs Using Shopee-Food Appication To Run Their Bussines
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi
UMKM menggunakan aplikasi Shopee-food dalam menjalankan usahanya. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan metode survei dan
metodologi kuesioner, data dikumpulkan langsung dari responden sebagai sampel.
Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM kuliner di Kabupaten Kauman, Solo.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 UMKM kuliner. Oleh
karena itu, teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh.
Teknik analisis data yang digunakan adalah software SmartPLS 3.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Persepsi kemudahan penggunaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan Shopee-food, 2)
Sikap terhadap penggunaan mempengaruhi hubungan antara persepsi kemudahan
penggunaan dengan niat menggunakan Shopee-food, 3) Persepsi kegunaan memiliki
berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap penggunaan Shopee-food, 4)
Sikap terhadap penggunaan mempengaruhi hubungan antara persepsi kegunaan dan niat
menggunakan Shopee-food, 5) Keunggulan relatif berpengaruh positif dan signifikan
terhadap sikap terhadap penggunaan Shopee-food, 6) Sikap terhadap penggunaan
mempengaruhi hubungan antara keuntungan relatif dengan niat menggunakan Shopeefood, 7) Sikap terhadap penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat
menggunakan Shopee-food.
Collections
- Akuntansi [4388]