Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Dengan Pendekatan Bisnis Model Canvas (Bmc) Dan Swot.
Abstract
Kopi Sapuangin Merapi adalah UMKM baru yang sedang berkembang yang
bergerak dibidang pengolahan kopi. Produk Kopi Sapuangin Merapi berupa
greenbee, roastbeen, dan olahan kopi siap seduh. Penelitian ini berfokus pada
analisis pengembangan strategi bisnis dengan menggunakan pendekatan Bisnis
Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT (IFAS, EFAS, Matrik SWOT). Hasil
penelitian dengan BMC menunjukan bahwa Kopi Sapuangin Merapi sudah
memenuhi 9 aspek BMC namun masih perlu dikembangkan untuk menunjang
perkembangan bisnis yang signifikan. Hasil analisis SWOT menunjukan bisnis
berada di kuadran 1 yang berarti bisnis progresif dengan peluang dan kekuatan yang
baik. Berdasar matrik SWOT telah dikelompokan ususlan strategi S-O, strategiWO, strategi S-T, dan stretegi W-T.
Collections
- Industrial Engineering [2224]