dc.contributor.advisor | Dr. Edy Widodo, S.Si., M.Si. | |
dc.contributor.advisor | Sekti Kartika Dini, S.Si., M.Si | |
dc.contributor.author | ULIMAZZADA ISLAMY | |
dc.date.accessioned | 2022-09-15T02:50:15Z | |
dc.date.available | 2022-09-15T02:50:15Z | |
dc.date.issued | 2022-05-06 | |
dc.identifier.uri | https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/39249 | |
dc.description.abstract | Bisnis retail semakin berkembang hari demi hari begitupula dengan
persaingannya. Pelaku retail dengan mudah menentukan strategi yang relevan
dalam penjualan produk dengan mengetahui pola belanja konsumen sehingga dapat
memenangkan persaingan dalam dunia bisnis. Saat ini, Eldey berfokus pada
meningkatkan penjualan dengan strategi pemasaran dari data yang didapat. Eldey
memiliki data transaksi yang hanya disimpan dan belum dimanfaatkan dengan baik.
Maka dari itu, diperlukan analisis pola perilaku belanja konsumen pada data
transaksi untuk membantu proses pengambilan keputusan. Pada penelitian ini,
metode yang digunakan yakni Market Basket Analysis (MBA) menggunakan
Algoritma Apriori. Tujuannya yakni untuk mengetahui pola pembelian di Eldey
dan mengetahui produk yang sering dibeli secara bersamaan pada tiap periode.
Dengan parameter minimum support dan minimum confidence sebesar 0.15 dan
0.90 dihasilkan 3 rules pada bulan September, 6 rules pada Oktober, 3 rules pada
bulan November dan 6 rules pada bulan Desember. Berdasarkan hasil yang
didapatkan diketahui adanya variabilitas yang tinggi pada perilaku konsumen
dalam pembelian produk di setiap periodenya. Oleh karena itu, dilakukan analisis
lanjutan yakni Overall Variability of Association Rule Method (OVARM). Dari
hasil analisis OVARM, terdapat satu rules yang selalu muncul pada tiap periodenya
yakni {Chaca Matcha (WO)-10gr, Choco Blend (WO)-10gr, Strawberry (WO)10gr}
dan
{Koffie
(WO)-10gr}
yang
memiliki
nilai
OVARM
sebesar
7.5%.
Hasil
penelitian
ini dapat digunakan untuk mendapatkan strategi pemasaran untuk
meningkatkan penjualan Eldey kedepannya. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Algoritma Apriori | en_US |
dc.subject | Market Basket Analysis (MBA) | en_US |
dc.subject | Masker Organik | en_US |
dc.subject | Overall Variability of Association Rule Method (OVARM) | en_US |
dc.title | Implementasi Market Basket Analysis (MBA) Dan Overall Variability Of Association Rule Method (OVARM) Sebagai Strategi Pemasaran Produk Eldey (Studi Kasus : Masker Organik Eldey) | en_US |
dc.Identifier.NIM | 18611128 | |