Pengaruh Self-Leadership Terhadap Perilaku Inovatif Pada Pelaku Bisnis Online Shop
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh self leadership
terhadap perilaku inovatif pada pelaku bisnis online shop. Hipotesis yang diajukan
adalah bahwa self leadership mampu memprediksi perilaku inovatif pada pelaku
bisnis online shop. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan
melibatkan 147 responden pelaku bisnis online shop. Pada penelitian ini, self
leadership diukur dengan Abbreviated Self Leadership Questionnaire Scale
(ASLQ) yang terdiri dari tiga dimensi yaitu behavioral awareness & volition, task
motivation, dan constructive cognition. Sedangkan perilaku inovatif diukur
menggunakan skala perilaku inovatif milik Dejong & Den Hartog (2008) yang
terdiri dari 4 dimensi yaitu opportunity exploration, idea generation, championing,
dan application. Uji Hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dengan
bantuan software Jamovi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa self leadership
mampu memprediksi perilaku inovatif pada pelaku bisnis online shop (P = 0.001).
Artinya, semakin tinggi kemampuan self leadership pelaku bisnis online shop,
maka semakin tinggi pula perilaku inovatif yang muncul dari pelaku bisnis online
shop. Untuk hasil uji analisis tambahan menunjukkan bahwa hanya dimensi
behavioral awareness & volition yang mampu memprediksi perilaku inovatif pada
pelaku bisnis online shop.
Collections
- Psychology [2177]