dc.description.abstract | Penelitian ini berlatar belakang adanya kecenderungan kemerosotan moral
peserta didik yang disebabkan oleh adanya pelaksanaan pembelajaran daring
sehingga sistem pengawasan guru menjadi lebih berkurang. Akibatnya peserta
didik berperilaku menyimpang dari ikatan sosial, moral, dan agama. Tujuan
penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih dalam tentang bagaimana kontrol
guru PAI terkait perilaku penyimpangan moral yang dilakukan peserta didik di
SMP Muhammadiyah Ngemplak Sleman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatan
penelitian yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Data diperoleh melalui observasi langsung di SMP Muhammadiyah Ngemplak
Sleman dengan mengamati, mewawancarai, dan dokumentasi objek yang diteliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) jenis perilaku penyimpangan
moral siswa selama proses pembelajaran daring yaitu: merosotnya nilai kesopanan,
kecurangan siswa dalam keikutsertaan pembelajaran, tidak memperhatikan
pembelejaran, kurangnya kedisiplinan siswa, rendahnya minat belajar, dan
ketergantungan terhadap android; (2) Guru PAI dalam mengontrol perilaku
penyimpangan moral selama proses pembelajaran daring adalah dengan melakukan
pendekatan kepada siswa, memberikan punishment, selalu memberikan nasihat
kepada peserta didik; (3) Guru PAI dalam mengontrol perilaku penyimpangan
moral di luar jam pembelajaran daring adalah dengan menjalin komunikasi dengan
orang tua dan siswa, terus mengingatkan pentingnya pendidikan moral. | en_US |