Show simple item record

dc.contributor.advisorLukman, S.Ag., M.Pd.
dc.contributor.authorBEKTI DWI KURNIADI
dc.date.accessioned2022-09-05T02:11:51Z
dc.date.available2022-09-05T02:11:51Z
dc.date.issued2022-05-31
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38991
dc.description.abstractSaat ini teknologi informasi menjadi salah satu komponen penting dalam kegiatan pembelajaran. Teknologi informasi dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, termasuk pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Namun, pemanfaatan teknologi informasi terkadang belum optimal karena berbagai hambatan yang terjadi di lapangan, seperti penyesuaian terhadap pembaharuan perangkat teknologi informasi, masalah jaringan, serta masalah teknis lainnya. Permasalahan tersebut melatarbelakangi diadakannya penelitian ini. Guna memperoleh data dan informasi, peneliti memilih SMA Negeri 1 Banyumas sebagai lokasi penelitian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Banyumas. Pendekatan yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan melalui berbagai teknik pengumpulan data yaitu observasi lapangan, wawancara dengan informan terkait, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam uji kredibilitas dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data. Dalam proses analisis data, penelitian ini menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang dilakukan secara interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Banyumas telah memanfaatkan teknologi informasi sebagai media pembelajaran, termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam pelaksanaanya, ada berbagai hambatan atau kendala yang dialami oleh guru dan peserta didik. Guru juga memiliki berbagai kebutuhan dalam upaya peningkatan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Pihak sekolah juga telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan efektifitas pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran. Secara keseluruhan, pemanfaatan teknologi informasi sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Banyumas sudah berjalan dengan baik dan terus dilakukan upaya peningkatan dalam pelaksanaannya.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectteknologi informasien_US
dc.subjectmedia pembelajaranen_US
dc.subjectpendidikan agama islamen_US
dc.titlePemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Negeri 1 Banyumasen_US
dc.Identifier.NIM17422088


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record