Pengenalan Lokasi Wisata Yogyakarta Berbasis Game Adventure
Abstract
Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota yang mempunyai banyak lokasi
wisata yang menjadi daya tarik turis. Kota Yogyakarta juga memiliki banyak
tempat bersejarah yang mempunyai keunikan tersendiri dengan ciri khasnya
masing-masing. Wisata di kota Yogyakarta yang banyak dikunjungi contohnya
Jalan Malioboro, Tugu Jogja, Monumen Jogja Kembali, Benteng Vredeburg,
Alun-alun dan Kraton.
Game Adventure atau Permainan dengan jenis petualangan adalah
permainan yang dimainkan oleh satu pemain, dalam permainan ini pemain harus
menyelesaikan tantangan dengan petunjuk yang ada pada beberapa lokasi agar
bisa melangkah ke tahap yang selanjutnya sesuai dengan cerita yang ada sampai
dengan akhir cerita.
Pembangunan aplikasi ini menggunakan Adobe Flash. Sedangkan untuk
perancangannya menggunakan VTOC (Visual Table Of Contents) dan storyboard.
Dalam penelitian dan pengembangan aplikasi, digunakan metodologi penelitian
yang terdiri dari analisis kebutuhan aplikasi, perancangan antarmuka, desain, dan
pengujian. Pengujian dilakukan dengan mengidentifikasi Usability dari permainan
dengan cara menjalankan aplikasi dan kuesioner dengan menggunakan kriteria
Usability Testing.
Pada tahap pengujian dan hasil kuesioner aplikasi pengenalan lokasi wisata
Yogyakarta didapatkan nilai persentase sangat di atas 80% dengan pengujian
kepada dua puluh orang yang berdomisili di Kota Yogyakarta dan di luar Kota
Yogyakarta. Hasil ini menunjukan bahwa aplikasi pengenalan lokasi wisata dapat
berjalan sesuai perancangan, diterima dengan baik dan dapat memberikan
pengetahuan tentang lokasi wisata yang ada melalui cerita dan tantangan.
Collections
- Informatics Engineering [2148]