Show simple item record

dc.contributor.advisorMir’atun Nur Arifah, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorLULUK MAKRIFATUL MADHANI
dc.date.accessioned2022-09-02T03:40:26Z
dc.date.available2022-09-02T03:40:26Z
dc.date.issued2022-05-31
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38969
dc.description.abstractAdanya pandemi covid-19 saat ini berdampak pada semua bidang khususnya pada bidang pendidikan, yang menyebabkan kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring. Banyaknya para penggiat teknologi dan informasi saat ini memunculkan beberapa platform penunjang pendidikan. Salah satunya memanfaatkan Google Sites sebagai media pembelajaran daring dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa. Dalam penelitian ini membahas mengenai implementasi pembelajaran daring menggunakan media Google Sites dalam meningkatkan minat belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas 6 di SDN Ngringin, Moyudan, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yakni reduksi data, penyajian dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran daring meggunakan Google Sites dilakukan dengan cara guru menyematkan link Google Sites pada deskripsi di grup WhatsApp kemudian siswa mempelajarai serta mengerjakan kuis yang ada pada Google Sites. Dampak dari pembelajaran menggunakan Google Sites ini dapat meningkatkan minat belajar siswa pada masa daring, hal ini ditandai dengan adanya pertama perasaan senang pada diri siswa karena kemudahan dalam menggunakan Google Sites sehingga siswa tidak merasa terbebani saat pembelajaran. Yang kedua adanya gambar-gambar pada tampilan Google Sites membuat siswa merasa tertarik untuk belajar. Yang ketiga adanya perhatian siswa dalam menggunakan Google Sites dengan tidak melakukan aktivitas lain saat belajar sehingga siswa fokus belajar menggunakan Google Sites. Yang terakhir adanya keterlibatan siswa yakni berupa membaca materi, menonton vidio dan mengerjakan kuis yang ada di Google Sites.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGoogle Sitesen_US
dc.subjectMinat Belajaren_US
dc.subjectdan Sekolah Dasaren_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Daring Menggunakan Media Google Sites Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Kelas 6 Di Sd Negeri Ngringin, Moyudan, Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM18422199


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record