Show simple item record

dc.contributor.advisorMoh. Mizan Habibi, S.Pd.I., M.Pd.I
dc.contributor.authorRAJA KHAIRUL DANIEL
dc.date.accessioned2022-09-01T04:38:53Z
dc.date.available2022-09-01T04:38:53Z
dc.date.issued2022-05-30
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/38928
dc.description.abstractJenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun pendekatan penelitiannya yaitu kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini mencoba memaparkan permasalahan atau situasi dan kondisi yang ada di lapangan, serta nantinya akan dibuat kesimpulan untuk menjawab fokus dalam penelitian. Tujuan Penelitian ini peneliti akan terjun ke objek penelitian untuk mencari informasi, mengumpulkan data, menganalisis, serta membuat kesimpulan kurangnya ketertarikan siswa SMP N 3 Pakem pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Lokasi penelitian yang dijadikan sebagai objek penelitian yakni di SMP N 3 Pakem yang terletak Dusun Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Adapun subjek peneliti yakni peserta didik kelas IX dan guru Pendidikan Agama Islam. Adapun informannya telah penulis tentukan sehingga penulis menggunakan teknik purposive sampling, sementara pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan analisis data yang selanjutnya diolah dan diatur secara sistematis sehingga dapat ditafsirkan dan dihasilkan sebuah temuan yang berupa pemikiran, teori, pendapat, maupun sebuah gagasan baru. Hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa penggunaan mind mapping berdampak positif pada siswa dengan menggunakan beberapa cara seperti pemenuhan tugas tugas mingguan, strategi jual-beli dan juga melalui pembelajaran daring. Selain itu, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode mind mapping ini, mudah nya persiapan dan alat-alat yang digunakan untuk menerapkan metode tersebut, menjadikan para siswa yang awalnya pasif menjadi aktif Ketika di kelas, dan faktor penghambat dari dampak metode ini yaitu angka covid yang selalu tinggi sehingga penerapan ini hanya dijalankan hanya 1 kali dalam seminggu. Dari hasil penelitian diatas dapat menjadi rekomendasi bagi pihak sekolah, guru, siswa dan peneliti untuk mengembangkan proses pembelajaran PAI menggunakan metode mind mapping yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan ketertarikan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka dari pada itu metode ini cukup efektif digunakan pada saat pembelajaran daring dan juga luring.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMind mappingen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Strategi Pembelajaran Mind Mappingdalam Meningkatkan Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran Pai Smp N 3 Pakemen_US
dc.Identifier.NIM18422017


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record