dc.description.abstract | Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Adapun pendekatan
penelitiannya yaitu kualitatif. Peneliti dalam penelitian ini mencoba memaparkan
permasalahan atau situasi dan kondisi yang ada di lapangan, serta nantinya akan dibuat
kesimpulan untuk menjawab fokus dalam penelitian. Tujuan Penelitian ini peneliti
akan terjun ke objek penelitian untuk mencari informasi, mengumpulkan data,
menganalisis, serta membuat kesimpulan kurangnya ketertarikan siswa SMP N 3
Pakem pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Lokasi penelitian yang dijadikan sebagai objek penelitian yakni di SMP N 3
Pakem yang terletak Dusun Pojok, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta.
Adapun subjek peneliti yakni peserta didik kelas IX dan guru Pendidikan Agama Islam.
Adapun informannya telah penulis tentukan sehingga penulis menggunakan teknik
purposive sampling, sementara pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan
analisis data yang selanjutnya diolah dan diatur secara sistematis sehingga dapat
ditafsirkan dan dihasilkan sebuah temuan yang berupa pemikiran, teori, pendapat,
maupun sebuah gagasan baru.
Hasil penelitian yang peneliti temukan bahwa penggunaan mind mapping
berdampak positif pada siswa dengan menggunakan beberapa cara seperti pemenuhan
tugas tugas mingguan, strategi jual-beli dan juga melalui pembelajaran daring. Selain
itu, terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode mind
mapping ini, mudah nya persiapan dan alat-alat yang digunakan untuk menerapkan
metode tersebut, menjadikan para siswa yang awalnya pasif menjadi aktif Ketika di
kelas, dan faktor penghambat dari dampak metode ini yaitu angka covid yang selalu
tinggi sehingga penerapan ini hanya dijalankan hanya 1 kali dalam seminggu. Dari
hasil penelitian diatas dapat menjadi rekomendasi bagi pihak sekolah, guru, siswa dan
peneliti untuk mengembangkan proses pembelajaran PAI menggunakan metode mind
mapping yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga dapat menumbuhkan dan
meningkatkan ketertarikan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Maka
dari pada itu metode ini cukup efektif digunakan pada saat pembelajaran daring dan
juga luring. | en_US |