Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Kecenderungan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan
prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.
Jumlah partisipan yang terlibat yaitu sebanyak 161 mahasiswa. Penelitian ini
menggunakan desain kuantitatif dengan metode korelasional. Hipotesis dalam
penelitian ini adalah terdapat korelasi negatif signifikan antara dukungan sosial
dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di
masa pandemi Covid-19. Skala yang digunakan dalam penelitian adalah Tuckman
Procrastination Scale (Tuckman, 1991) dan Interpersonal Support Evaluation
List (Cohen et al, 1985). Hasil penelitian didapatkan nilai koefisien korelasi r = 0.380
dan p = 0.000 (p<0.05) yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan
negatif antara dukungan sosial dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa
tingkat akhir yang sedang mengerjakan skripsi. Hal tersebut menunjukkan bahwa
semakin tinggi tingkat dukungan sosial mahasiswa maka semakin rendah perilaku
prokrastinasi akademik yang dilakukan, begitupun sebaliknya. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Collections
- Psychology [2173]