Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Puskesmas Ketanggungan Periode 2021
Abstract
Puskesmas termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama yang harus berupaya
meningkatkan mutu jasa kefarmasian. Salah satu caranya yaitu dengan adanya
peningkatan mutu pelayanan resep dengan memperbaiki waktu tunggu pelayanan
resep rawat jalan. Penelitian ini tujuannya guna melihat rata-rata waktu tunggu
pelayanan resep, Tingkat kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pelayanan resep,
dan hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap waktu tunggu pelayanan
resep di puskesmas Ketanggungan. Penelitian ini merupakan penelitian
observasional dengan metode non-eksperimental, Data yang digunakan berupa
data kuantitatif. Prosedur penarikan sampel menggunakan purposive sampling.
Waktu tunggu dianalisis menggunakan metode chi square dan diuji dengan
menghitung nilai rata-rata, standar deviasi dan persentase. Data rata-rata waktu
tunggu pelayanan resep diperoleh dari pengisian lembar observasi dan data tingkat
kepuasan pasien diperoleh dari lembar kuesioner. kepuasan pasien dalam
menunggu obat racikan menyatakan puas sebanyak 99,4% sedangkan kepuasan
pasien terhadap obat non racikan diperoleh sebanyak 85,5% menyatakan puas.
Rata-rata waktu dispensing obat racikan selama 29 menit, waktu terlama 69 menit
dan waktu tercepat selama 4 menit. Hasil uji statistik chi-square didapatkan nilai p
= 0,00 (p <0,05) maksudnya yaitu terdapat hubungan lama waktu tunggu dengan
kepuasan pasien di Puskesmas Ketangungan.
Collections
- Pharmacy [1444]