Analisis Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Martabak Dengan Menerapkan Strategi Marketing 7p (Studi Kasus Martabak King Bandar Lampung)
Abstract
Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya di bidang manufaktur, tapi juga berlaku untuk
jurusan UMKM sejak April 2020. Kondisi pandemi ini bahkan menyebabkan 63,9%
dari UMKM yang terdampak mengalami penurunan omzet lebih dari 30%. Hanya 3,8%
UMKM yang mengalami peningkatan omzet. Salah satu UMKM yang merasakan
dampak pandemi adalah Martabak King yang berada di Bandar Lampung. Sseiring
berjalannya waktu, keempat cabang Martabak King di luar kota tersebut tutup sehingga
hanya menyisakan dua cabang di kota Bandar Lampung. Salah satu cabang, Sukadana,
tutup saat masa pandemi sedangkan sisanya sebelum pandemi covid-19. Untuk cabang
di Bandar Lampung, penjualanya sangat menurun saat pandemi bahkan sebelum
pandemi pun penjualannya juga sudah menurun yang dulunya martabak king dapat
menjual 50 loyang perhari menjadi hanya 10 loyang perhari. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis faktor dominan yang dapat mempengaruhi perilaku
konsumen dalam UMKM Martabak King di Bandar Lampung dengan metode
Marketing Mix 7P. Responden untuk penelitian ini adalah pengunjung martabak king
di Bandar Lampung dengan mengisi kuesioner terkait indikator-indikator pada variabel
marketing Mix 7P setelah itu data kuesioner diolah dengan uji regresi, uji korelasi, dan
uji koefisien determinan. Berdasarkan hasil analisis, faktor paling dominan yang
mempengaruhi perilaku konsumen adalah variabel physical evidence dengan solusi
pemilik dapat mendesain seragam dengan memilih warna yang mencolok dan desain
yang bagus diikuti dengan variabel place dengan solusi desain area parkir
direncanakan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu aspek efisiensi dan aspek
optimasi ,Variabel price solusinya perencanaan perhitungan harga pokok produksi
(HPP), Variabel promotion solusinya strategi pemasaran dengan menggunakan digital
marketing dan Martabak King memberikan intensitas kupon pembelian
produk,Variabel people solusinya dengan memberikan bentuk perhatian terhadap
karyawan seperti persediaan konsumsi,variabel product solusinya dengan memberikan
potongan harga atau kupon dan variabel process memiliki hubungan yang sangat kecil
terhadap keputusan pembelian, sehingga indikator pada variabel process tidak
mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian produk di UMKM Martabak
King.
Collections
- Industrial Engineering [2235]